PENGARUH PENERIMAAN PARIWISATA INTERNASIONAL, KETERBUKAAN PERDAGANGAN, PEMBENTUKAN MODAL FISIK, DAN INDEKS HARGA KONSUMEN TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO INDONESIA PERIODE 1986-2015

ADI WIDYA PRAYOGO, 040911100 (2017) PENGARUH PENERIMAAN PARIWISATA INTERNASIONAL, KETERBUKAAN PERDAGANGAN, PEMBENTUKAN MODAL FISIK, DAN INDEKS HARGA KONSUMEN TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO INDONESIA PERIODE 1986-2015. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT C 11-17 Pra p.pdf
Restricted to Registered users only until 11 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu faktor yang diduga berpengaruh terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) suatu negara, termasuk Indonesia. Studi ini bertujuan untuk mengetahui arah hubungan antara variabel Penerimaan Pariwisata Internasional dan Produk Domestik Bruto di Indonesia menggunakan Granger Causality Test. Selain itu, penelitian ini juga berusaha menyelidiki hubungan jangka panjang dan pengaruh dari variabel Penerimaan Pariwisata Internasional, Keterbukaan Perdagangan, Pembentukan Modal Fisik, dan Indeks Harga Konsumen terhadap Produk Domestik Bruto di Indonesia menggunakan Johansen cointegration test dan Vector Error Correction Model (VECM). Data yang digunakan adalah data time series secara tahunan dari tahun 1986-2015 yang berasal dari Badan Pusat Statistik, International Financial Statistics, World Bank, Bank Indonesia, serta Kementerian Pariwisata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan kausalitas satu arah/unidirectional causality dari Penerimaan Pariwisata Internasional terhadap Produk Domestik Bruto di Indonesia. Selain itu, terdapat hubungan jangka panjang antar variabel independen dan dependen. Berdasarkan hasil estimasi VECM, variabel yang terbukti signifikan secara statistik dalam mempengaruhi Produk Domestik Bruto adalah Pendapatan Pariwisata Internasional, Pembentukan Modak Fisik, serta Indeks Harga Konsumen, sedangkan variabel Keterbukaan Perdagangan terbukti tidak signifikan mempengaruhi Produk Domestik Bruto di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK C 11/17 Pra p
Uncontrolled Keywords: Penerimaan Pariwisata Internasional, Produk Domestik Bruto, Kausalitas, Kointegrasi, VECM
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
ADI WIDYA PRAYOGO, 040911100UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Haryanto, Drs., EC., MP., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 10 Aug 2017 23:46
Last Modified: 10 Aug 2017 23:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60287
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item