USULAN PERBAIKAN KUALITAS PRODUK KORAN JAWA POS DENGAN METODE FAILURE MODES AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) PADA PT. TEMPRINA MEDIA GRAFIKA SURABAYA

MUHAMMAD NUR AMIRULLOH, 041311223082 (2017) USULAN PERBAIKAN KUALITAS PRODUK KORAN JAWA POS DENGAN METODE FAILURE MODES AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) PADA PT. TEMPRINA MEDIA GRAFIKA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK B 44-17 Ami u.pdf

Download (44kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
2. FULLTEXT B 44-17 Ami u.pdf
Restricted to Registered users only until 14 August 2020.

Download (673kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. Temprina Media Grafika merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi koran. Salah satu masalah yang terjadi di perusahaan adalah masih adanya kegagalan produk. Dari hasil penelitian, rata-rata kegagalan yang terjadi yaitu 5000 eksemplar per hari dari total produksi mencapai 300.000 eksemplar per hari. Proses produksi yang rawan terjadi kegagalan produk yaitu pencetakan. Maka dari itu pada penelitian ini dilakukan identifikasi jenis kegagalan produk pada proses tersebut dan memberikan usulan perbaikan kualitas. Metode yang digunakan sebagai usulan perbaikan adalah Failure Modes and Effect Analysis (FMEA), karena dapat mengidentifikasi jenis kegagalan yang terjadi selama proses produksi, dengan analisis akar masalah menggunakan diagram sebab akibat. Dengan analisis FMEA dilakukan pembobotan nilai RPN pada setiap akar masalah untuk menentukan usulan perbaikan. Berdasarkan analisis dengan metode FMEA, masing-masing jenis kegagalan diambil penyebab kegagalan dengan nilai tertinggi untuk usulan perbaikan. Selain itu, perangkingan nilai RPN juga berdasarkan penyebab kategori manusia, material, metode, dan mesin. Semua penyebab kegagalan dikelompokkan dalam empat kategori tersebut dan dilakukan penjumlahan nilai RPN. Untuk kategori metode memiliki nilai RPN total tertinggi, yaitu sebesar 1148, tindakan perbaikan yang diberikan dimulai dengan kategori manusia, metode, mesin, dan material.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.44/17 Ami u
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Perbaikan Kualitas, Diagram sebab akibat, Failure Modes and Effect Analysis.
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
MUHAMMAD NUR AMIRULLOH, 041311223082UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIndro Kirono, Drs., Ec., MM.,UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 13 Aug 2017 18:36
Last Modified: 13 Aug 2017 18:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60334
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item