SISTEM INFORMASI PEMESANAN KAROSERI CV. ADIDAYA REKSA SURABAYA

EKA LESTARI NENGSEH, 081310113030 (2017) SISTEM INFORMASI PEMESANAN KAROSERI CV. ADIDAYA REKSA SURABAYA. Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FV.SI.10-17 Nen s ABSTRACT.pdf

Download (802kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FV.SI.10-17 Nen s TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

CV. Adidaya Reksa Surabaya merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang karoseri, khususnya dalam pembuatan karoseri niaga seperti bak dan truk. Dalam menjalankan proses bisnis, perusahaan karoseri ini masih mengalami permasalahan, yakni semua proses bisnis masih dilakukan secara manual, dimana data pemesanan dicatat berulang kali pada dokumen yang berbeda. Tujuan dari tugas akhir ini yaitu membuat sistem informasi pemesanan karoseri yang dapat menigkatkan efisiensi dari proses bisnis perusahaan yang meliputi proses pemesanan, penawaran, pendataan unit, pemeriksaan berkas rekomendasi, pembayaran, pengiriman, dan pembuatan laporan. Sistem Informasi Pemesanan Karoseri CV. Adidya Reksa Surabaya dibangun melalui beberapa tahap. Tahap pertama yaitu menganalisa proses bisnis yang ada pada perusahaan dengan menggunakan diagram bagan alir dokumen (document flowchart), selanjutnya merupakan tahap mengidentifikasi permasalahan dengan menggunakan diagram ikan (fishbone diagram) dari kedua diagram ini didapatkan kebutuhan fungsionalitas sistem yang akan dibangun. Tahap kedua yaitu proses perancangan proses, proses yang ada pada sistem digambarkan dengan diagram DFD (Data Flow Chart) yang menghasilkan tujuh proses utama dengan dua eksternal entity. Tahap ketiga yaitu perancangan database dengan menggunakan diagram CDM (conceptual diagram model) yang menghasilkan dua puluh satu entitas yang di generate dengan PDM (Physical diagram Model) sehingga menghasilkan 21 tabel. Tahap keempat yaitu membuat desain input maupun output yang kemudian diimplemntasikan dalam aplikasi berbasis web. Tahap terakhir menggambarkan alur kinerja sistem dengan diagram bagan alir dan pseudocode serta melakukan uji sistem dari proses pemesanan, penawaran, pendataan unit, pemeriksaan berkas, pembayaran, pengiriman dan pembuatan laporan. Berdasarkan hasil implementasi dan uji sistem, maka Sistem Informasi Pemesanan Karoseri CV. Adidaya Reksa yang dibuat sesuai dengan kebutuhan fungsionalitas proses bisnis perusahaan dan mempermudah kinerja pegawai dalam melakukan proses bisnis mulai dari proses pemesanan hingga pembuatan laporan.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK FV.SI.10/17 Nen s
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts > K1026-1045 Sale of goods
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
EKA LESTARI NENGSEH, 081310113030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTaufik, S.T., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 13 Aug 2017 22:00
Last Modified: 13 Aug 2017 22:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60359
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item