SISTEM INFORMASI SERVIS SEPEDA MOTOR DI BENGKEL MARNO MOTOR SIDOARJO

BAGUS FIRMANSAH, 081310113009 (2017) SISTEM INFORMASI SERVIS SEPEDA MOTOR DI BENGKEL MARNO MOTOR SIDOARJO. Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FV.SI.13-17 Fir s ABSTRACT.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FV.SI.13-17 Fir s TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah membuat sebuah program yang dapat menangani proses servis sepeda motor secara terkomputerisasi di Bengkel Marno Motor Sidoarjo sehingga sistem menjadi lebih efektif dan efisien untuk dijalankan serta dapat meminimalkan terjadinya kesalahan dan manipulasi data yang dapat menyebabkan terjadinya penyalahgunaan. Sistem ini menangani 7 proses utama yaitu, proses pendaftaran, proses servis, proses penjualan sparepart, proses pembelian sparepart, proses penerimaan, proses pembayaran dan pembuatan laporan. Dalam membuat Sistem Informasi Servis Sepeda Motor Di Bengkel Marno Motor Sidoarjo dibutuhkan 5 tahap. Tahap pertama yang dilakukan adalah identifikasi kebutuhan data yang dilakukan dengan wawancara. Tahap kedua adalah menganalisis permasalahan sistem saat ini dengan membuat diagram fishbone. Tahap ketiga adalah mendesain sistem dan database. Desain sistem digambarkan dengan Document Flow Diagram (Docflow), Hierarchy Chart dan Data Flow Diagram (DFD). Sedangkan desain database dibuat menggunakan Conceptual Data Model (CDM) yang menghasilkan 18 entitas dan Physical Data Model (PDM) yang meghasilkan 18 tabel. Berdasarkan desain tersebut kemudian dilanjutkan dengan mendesain form input dan output. Tahap keempat adalah mengimplementasikan sistem menggunakan Flow Chart dan Pseudocode, serta mengimplementasikan desain tersebut ke dalam program dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web. Tahap terakhir adalah melakukan uji coba sistem yang dimulai dari proses pendaftaran, proses servis, proses penjualan sparepart, proses pembelian sparepart, proses pembayaran dan proses pembuatan laporan. Berdasarkan hasil implementasi dan uji coba sistem, Sistem Informasi Servis Sepeda Motor Di Bengkel Marno Motor Sidoarjoyang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan fungsional pada kegiatan Servis Sepeda Motor yaitu dapat menangani beberapa proses bisnis secara mudah dan dapat menampilkan laporan secara tepat.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK FV.SI.13/17 Fir s
Uncontrolled Keywords: Motorcycle Service Information System, sales of spareparts, purchase of spareparts
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts > K1026-1045 Sale of goods
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
BAGUS FIRMANSAH, 081310113009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKartono, Drs., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 13 Aug 2017 23:07
Last Modified: 13 Aug 2017 23:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60371
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item