PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

IGEDO PRIAMBODO, 041211333091 (2017) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (51kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
A. 134-17 Pri p.pdf
Restricted to Registered users only until 15 August 2020.

Download (812kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan utama perusahaan menurut theory of the firm adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan melalui peningkatan kemakmuran stakeholders. Nilai perusahaan yang tinggi menunjukkan kinerja perusahaan yang baik. Tanggung jawab perusahaan tidak lagi berpijak pada keuntungan ekonomi semata, tetapi memiliki kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat. Keberlangsungan aktivitas perusahaan jangka panjang lebih penting daripada sekedar keuntungan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan, pengaruh ukuran perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility, pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan, serta pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan mediasi pengungkapan corporate social responsibility. Penelitian ini menggunakan populasi perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Metode yang digunakan dalam menentukan sampel adalah purposive sampling. Sampling yang diperoleh sebanyak 82 perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility, variabel pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, serta variabel pengungkapan corporate social responsibility mampu memediasi secara parsial antara ukuran perusahaan dan nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 134-17 Pri p
Uncontrolled Keywords: ukuran perusahaan, pengungkapan corporate social responsibility, dan nilai perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
IGEDO PRIAMBODO, 041211333091UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSedianingsih, Dr. Dra. Ec. , SE., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 14 Aug 2017 18:10
Last Modified: 14 Aug 2017 18:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60412
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item