PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DENGAN KINERJA LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015)

FARIDATUL NAIMAH, 041311333034 (2017) PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DENGAN KINERJA LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
A. 136-17 Nai p.pdf
Restricted to Registered users only until 15 August 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis efek moderasi kinerja lingkungan pada pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Karakteristik perusahaan yang diteliti adalah tipe industri, profitabilitas, struktur kepemilikan (kepemilikan saham asing, pemerintah, dan publik). Kinerja lingkungan diukur menggunakan peringkat PROPER. Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan diukur menggunakan indeks GRI 3.1. Variabel kontrol terdiri dari ukuran perusahaan dan umur perusahaan. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah 324 perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. 75 perusahaan kemudian dianalisis sebagai sampel. Teknik pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 20.0. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa kepemilikan saham publik, profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Sementara itu, kepemilikan saham pemerintah, kepemilikan saham asing, dan tipe industri berpengaruh namun tidak signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Variabel moderasi yaitu kinerja lingkungan tidak dapat memoderasi pengaruh tipe industri, profitabilitas, kepemilikan saham pemerintah dan kepemilikan saham asing terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Sementara itu, kinerja lingkungan dapat memoderasi pengaruh kepemilikan saham publik terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Variabel kontrol umur perusahaan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan namun ukuran perusahaan berpengaruh tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 136-17 Nai p
Uncontrolled Keywords: tanggung jawab sosial perusahaan, pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, kinerja lingkungan, karakteristik perusahaan, PROPER.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
FARIDATUL NAIMAH, 041311333034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIsnalita, Dra. , Ak., CMAUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 14 Aug 2017 18:26
Last Modified: 14 Aug 2017 18:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60419
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item