PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, JURUSAN PENDIDIKAN, METODE PELATIHAN AKUNTANSI DAN DURASI PELATIHAN AKUNTANSI TERHADAP PEMAHAMAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN BERBASIS AKRUAL (Studi Empiris pada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi)

FISKA MURNINING TYAS, 041311333081 (2017) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, JURUSAN PENDIDIKAN, METODE PELATIHAN AKUNTANSI DAN DURASI PELATIHAN AKUNTANSI TERHADAP PEMAHAMAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN BERBASIS AKRUAL (Studi Empiris pada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
A. 138-17 Tya p.pdf
Restricted to Registered users only until 15 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan, jurusan pendidikan, metode pelatihan akuntansi, dan durasi pelatihan akuntansi terhadap pemahaman standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual yang dimiliki oleh pegawai keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Banyuwangi. Pemahaman standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual diukur berdasarkan PP Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan. Data primer yang digunakan diperoleh dengan menyebarkan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai keuangan dari 31 (SKPD) Kabupaten Banyuwangi. Teknik penyampelan yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ditentukan maka sampel dalam penelitian ini adalah 31 kepala bagian keuangan dan 62 staf keuangan SKPD Kabupaten Banyuwangi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan regresi berganda model ANCOVA dengan bantuan software SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pendidikan, jurusan pendidikan, metode pelatihan akuntansi, dan durasi pelatihan akuntansi berpengaruh terhadap pemahaman standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual yang dimiliki oleh pegawai keuangan SKPD Kabupaten Banyuwangi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 138-17 Tya p
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan, Jurusan Pendidikan, Metode Pelatihan Akuntansi, Durasi Pelatihan Akuntansi, Pemahaman Standar Akuntansi Berbasis Akrual.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FISKA MURNINING TYAS, 041311333081UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorWiwik Supratiwi, Dra. , MBA., Ak,UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 14 Aug 2017 18:40
Last Modified: 14 Aug 2017 18:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60427
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item