AKUNTABILITAS DESA DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA (STUDI KASUS PADA DESA BLADO WETAN, KECAMATAN BANYUANYAR, KABUPATEN PROBOLINGGO)

BAGOES KUKUH PRAKOSO, 041311333106 (2017) AKUNTABILITAS DESA DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA (STUDI KASUS PADA DESA BLADO WETAN, KECAMATAN BANYUANYAR, KABUPATEN PROBOLINGGO). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (78kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
A. 139-17 Pra a.pdf
Restricted to Registered users only until 15 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 membuat kewenangan dan dana transfer yang semakin besar mengalir ke desa. Desa menjadi sorotan banyak pihak dan dituntut untuk bisa mengelola keuangan desa secara akuntabel dengan melibatkan partisipasi masyarakat agar tujuan pembangunan desa yang mandiri dapat tercapai. Tuntutan ini tentu tidak mudah bagi desa untuk melaksanakannya karena pengelolaan keuangan yang sebelumnya terkesan asal-asalan dan seremonial berubah menjadi pengelolaan keuangan yang dituntut untuk konsisten dan menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potret pengelolaan keuangan desa mulai dari prosedur perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban yang sudah diatur dalam Permendagri Nomor 113 Tahun 2014 serta mengetahui potret partisipasi masyarakat dalam pengelolaan keuangan desa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menekankan pada deskripsi dan persepsi setiap perilaku manusia. Analisis data dalam penelitian ini ada 3 tahap, yaitu : 1). Reduksi Data, 2). Penyajian Data, dan 3). Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akuntabilitas pengelolaan keuangan desa mulai dari prosedur perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban serta partisipasi masyarakat desa sudah cukup baik. Namun dalam praktiknya masih ada beberapa permasalahan yang perlu untuk segera diperbaiki terutama dalam prosedur pelaksanaan dan pelaporan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 139-17 Pra a
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas, Desa, Partisipasi Masyarakat, Pengelolaan Keuangan Desa
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
BAGOES KUKUH PRAKOSO, 041311333106UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorArdianto, Dr. , SE., M.Si., Ak., CMA, CA.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 14 Aug 2017 18:48
Last Modified: 14 Aug 2017 18:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60431
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item