PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH YANG MENGALAMI FLYPAPER EFFECT DAN PEMERINTAH DAERAH YANG TIDAK MENGALAMI FLYPAPER EFFECT (STUDI EMPIRIS PADA PEMERINTAH KOTA DAN KABUPATEN DI JAWA TIMUR TAHUN 2015)

MAOLA FIERNABELLA RESTANTRI, 041311333045 (2017) PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH YANG MENGALAMI FLYPAPER EFFECT DAN PEMERINTAH DAERAH YANG TIDAK MENGALAMI FLYPAPER EFFECT (STUDI EMPIRIS PADA PEMERINTAH KOTA DAN KABUPATEN DI JAWA TIMUR TAHUN 2015). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
A. 154-17 Res p.pdf
Restricted to Registered users only until 16 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sejak diberlakukannya otonomi daerah di Indonesia, pemerintah daerah diharapkan mampu mengelola keuangannya sendiri dengan memaksimalkan pendapatan daerahnya. Meski demikian, pemerintah pusat tetap memberikan transfer dana pada pemerintah daerah yang salah satunya berupa Dana Alokasi Umum (DAU) sebagai upaya menjaga keseimbangan fiskal antardaerah. Besarnya nominal DAU dibanding dengan pendapatan asli daerah (PAD) pada setiap daerah menimbulkan potensi terjadinya flypaper effect di mana belanja daerah lebih elastis terhadap perubahan DAU daripada perubahan PAD. Adanya fenomena flypaper effect kemudian dikaitkan dengan kinerja keuangan pemerintah daerah. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kinerja keuangan pemerintah daerah yang mengalami flypaper effect dan daerah yang tidak mengalami flypaper effect. Kinerja keuangan pemerintah daerah diproksikan dengan beberapa rasio, di antaranya: revenue composition, cost ratio, expenditure ratio, financing ability ratio, dan rasio efektivitas. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Timur tahun 2011-2015. Berdasarkan teknik sampling sensus, jumlah sampel yang diperoleh adalah sebanyak 35 data sampel yang terdiri dari 27 kabupaten dan 8 kota. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji beda, yang dianalisis dengan independent sample t test dan mann whitney u test. Hasil penelitian secara empiris menunjukkan bahwa 7 daerah mengalami flypaper effect sedangkan 28 daerah tidak mengalami flypaper effect. Rata-rata revenue composition daerah yang tidak mengalami flypaper effect lebih besar dari daerah yang mengalami flypaper effect dan berbeda secara signifikan. Rata-rata cost dan expenditure ratio serta rasio efektivitas daerah yang mengalami flypaper effect lebih besar dari daerah yang tidak mengalami flypaper effect dan tidak berbeda secara signifikan. Rata-rata financing ability ratio daerah yang tidak mengalami flypaper effect lebih besar dari daerah yang mengalami flypaper effect dan tidak berbeda secara signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 154-17 Res p
Uncontrolled Keywords: flypaper effect, kinerja keuangan pemerintah daerah, revenue composition, cost ratio, expenditure ratio, financing ability ratio, rasio efektivitas
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9103-9695 Local finance. Municipal finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
MAOLA FIERNABELLA RESTANTRI, 041311333045UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMurdiyati Dewi, Dra. M. Si., Ak., CA.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 15 Aug 2017 17:46
Last Modified: 15 Aug 2017 17:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60469
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item