EFISIENSI DAN PERUBAHAN TOTAL FACTOR PRODUCTIVITY (TFPC) PADA PELABUHAN STRATEGIS INDONESIA: DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (MULTI STAGE & MALMQUIST INDEX)

ANTHONY LIMUEL LIM, 041111047 (2017) EFISIENSI DAN PERUBAHAN TOTAL FACTOR PRODUCTIVITY (TFPC) PADA PELABUHAN STRATEGIS INDONESIA: DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (MULTI STAGE & MALMQUIST INDEX). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT C 60-17 Lim e.pdf
Restricted to Registered users only until 18 August 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menghitung tingkat efisiensi teknis dan perubahan total factor productivity (TFP) beserta komponennya pada 25 pelabuhan strategis di Indonesia yang dikelolah oleh Perseroan Terbatas (PT) Pelabuhan Indonesia I, II, III, IV tahun 2011-2013. Perhitungan total factor productivity didekomposisikan menjadi technical efficiency change (TEC), technical atau technological change (TCHCH), scale efficiency change (SEC), dan total factor productivity change (TFPC). Penelitian ini menggunakan metode data envelopment analysis (DEA) dengan pendekatan Malmquist index dan dengan pengukuran berorientasi pada output. Hasil dari pengolahan dengan DEAP 2.1 menunjukkan bahwa hanya tiga dari 25 pelabuhan strategis yang efisien selama tiga tahun, baik menggunakan asumsi constant return to scale (CRS) maupun variabel return to scale (VRS), yaitu Pelabuhan Banjarmasin, Pelabuhan Balikpapan, dan Pelabuhan Samarinda. Sebagian besar pelabuhan masih belum efisien disebabkan penggunaan input yang belum maksimal dan output yang dihasilkan juga belum maksimal. Hasil penelitian juga menunjukkan rata-rata perubahan total factor productivity (TFPC) pada 25 pelabuhan strategis sebesar 0,739 di mana dalam tiga tahun tersebut rata-rata kinerja pelabuhan menunjukkan perubahan yang negatif pada produktivitas dan efisiensi. Komponen TCHCH atau perubahan teknologi memiliki pengaruh yang kuat terhadap peningkatan kinerja pelabuhan yang produktif dan efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK C 60/17 Lim e
Uncontrolled Keywords: Pelabuhan strategis, efisiensi, produktivitas, data envelopment analysis (DEA), perubahan total factor productivity (TFPC), Malmquist index
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
ANTHONY LIMUEL LIM, 041111047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDyah Wulan Sari, Dra., Ec., M.Ec., Dev.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 17 Aug 2017 18:25
Last Modified: 17 Aug 2017 18:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60552
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item