FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN MAHASISWA AKUNTANSI DALAM MENEMPUH MATA KULIAH AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH DAN AKUNTANSI KEUANGAN LANJUTAN

PUTRI RACHMADANIAR SUGIANTO, 041311333026 (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN MAHASISWA AKUNTANSI DALAM MENEMPUH MATA KULIAH AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH DAN AKUNTANSI KEUANGAN LANJUTAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (10kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
A. 178-17 Sug f.pdf
Restricted to Registered users only until 18 August 2020.

Download (831kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kesiapan yang dimiliki mahasiswa akuntansi dalam menempuh mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah dan Akuntansi Keuangan Lanjutan. Selain itu, tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk mengamati serta mengidentifikasi bagaimana hubungan yang terdapat antara kesiapan mahasiswa akuntansi dengan variabelvariabel seperti jenjang pendidikan, jenis perguruan tinggi, nilai mata kuliah Pengantar Akuntansi, IPK, lama waktu tempuh mata kuliah Pengantar Akuntansi, serta gender. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data primer berupa kuesioner. Penyebaran kuesioner dilakukan dengan membagikan lembar kuesioner secara langsung kepada responden serta melalui media online yang disebut Google Form. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi akuntansi dengan jenjang pendidikan yang meliputi D3, S1 Reguler, maupun S1 Ekstensi di Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, STIESIA Surabaya, serta STIE Perbanas Surabaya. Sedangkan, sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi D3, S1 Reguler, maupun S1 Ekstensi yang berasal dari Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, STIESIA Surabaya, serta STIE Perbanas Surabaya, dengan tahun angkatan 2013 hingga 2016 yang berjumlah 149 responden yang dianggap telah memenuhi persyaratan. Hasil penelitian ini menunjukkan jika variabel nilai Pengantar Akuntansi (PA) serta gender memiliki hubungan dengan kesiapan mahasiswa akuntansi dalam menempuh mata kuliah AKM, tetapi kedua variabel tersebut tidak memiliki hubungan dengan kesiapan mahasiswa akuntansi dalam menempuh mata kuliah AKL. Sedangkan variabel jenjang pendidikan, jenis perguruan tinggi, IPK, dan lama waktu tempuh mata kuliah Pengantar Akuntansi tidak memiliki hubungan dengan kesiapan mahasiswa akuntansi dalam menempuh mata kuliah AKM dan AKL.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 178-17 Sug f
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Menempuh AKM, Kesiapan Menempuh AKL, Jenjang Pendidikan, Jenis Perguruan Tinggi, Nilai Pengantar Akuntansi, IPK, Lama Waktu Menempuh Mata Kuliah Pengantar Akuntansi, Gender.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1706-1708 Accounting. Bookkeeping
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
PUTRI RACHMADANIAR SUGIANTO, 041311333026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorZaenal Fanani, Dr. S.E., MSA., Ak., CAUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 17 Aug 2017 18:39
Last Modified: 17 Aug 2017 18:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60557
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item