VALUASI PENCEMARAN AIR BAWAH TANAH DAN PREFERENSI PENGGUNAANNYA: STUDI KASUS DESA LAKARDOWO KECAMATAN JETIS KABUPATEN MOJOKERTO

MOCHAMAD EKA TOAR RAJA, 041311133094 (2016) VALUASI PENCEMARAN AIR BAWAH TANAH DAN PREFERENSI PENGGUNAANNYA: STUDI KASUS DESA LAKARDOWO KECAMATAN JETIS KABUPATEN MOJOKERTO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT C 75-17 Raj v.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pencemaran merupakan eksternalitas negatif yang sering terjadi pada aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan penggunaan sumber daya alam dan lingkungan. Tujuan dari studi ini adalah menghitung beban pencemaran air bawah tanah dan mengetahui faktor yang mempengaruhi preferensi penggunaan air bawah tanah. Penghitungan beban pencemaran menggunakan pendekatan biaya pengganti (replacement cost) dan biaya berobat (cost of illness). Faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi rumah tangga dalam penggunaan air bawah tanah yang tercemar diestimasi dengan multinomial logit. Penggunaan air bawah tanah meliputi penggunaan untuk memasak saja dan untuk air minum sekaligus memasak. Data sampel merupakan data penelitian primer yang berlangsung di Dusun Kedungpalang dan Sambigembol Desa Lakardowo Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto. Variabel yang digunakan adalah pendapatan rumah tangga siap dibelanjakan, usia responden, pendidikan responden, jarak lokasi rumah tangga dengan perusahaan, ukuran rumah tangga, lama rumah tangga tinggal di lokasi sekarang dan jenis kelamin responden. Beban pencemaran yang diderita oleh warga Dusun Kedungpalang dan Sambigembol adalah sebesar Rp 52.290.150 setiap bulan. Hasil estimasi menunjukkan pendapatan rumah tangga siap dibelanjakan, usia responden, pendidikan responden dan jenis kelamin terbukti mempengaruhi preferensi rumah tangga terhadap penggunaan air bawah tanah yang telah tercemar untuk memasak. Adapun variabel pendapatan rumah tangga siap dibelanjakan dan usia responden terbukti mempengaruhi preferensi rumah tangga terhadap penggunaan air bawah tanah yang telah tercemar untuk minum dan memasak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK C 75/17 Raj v
Uncontrolled Keywords: beban pencemaran air bawah tanah, preferensi, replacement cost, cost of illness, multinomial logit.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD172-193.5 Environmental pollution
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MOCHAMAD EKA TOAR RAJA, 041311133094UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMuryani, Dr., S.E., M.Si., MEMD.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 17 Aug 2017 23:48
Last Modified: 17 Aug 2017 23:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60603
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item