DETERMINAN PERNIKAHAN USIA DINI DI PROVINSI JAWA TIMUR

DIAN MENTARI, 041211132009 (2017) DETERMINAN PERNIKAHAN USIA DINI DI PROVINSI JAWA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT C 80-17 Men d.pdf
Restricted to Registered users only until 18 August 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pernikahan usia dini pada perempuan, adalah salah satu masalah kependudukan yang akan menimbulkan berbagai permasalahan baru. Pernikahan usia dini yang terjadi di Provinsi Jawa Timur berada di atas rata-rata nasional. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan dan menganalisis faktor pendidikan perempuan, pekerjaan perempuan, akses informasi, tempat tinggal, dan status kemiskinan terhadap pernikahan usia dini di Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan data Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) periode Maret tahun 2015 dari Badan Pusat Statistik (BPS). SUSENAS adalah survei sosial ekonomi tahunan yang dilakukan oleh BPS. Penelitian ini menggunakan metode regresi logistik untuk menguji variabel dependen yang bersifat biner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen secara simultan signifikan mempengaruhi pernikahan usia dini di Provinsi Jawa Timur. Variabel pendidikan perempuan, pekerjaan perempuan, akses informasi dan tempat tinggal secara parsial berpengaruh signifikan dan berhubungan positif terhadap pernikahan usia dini sedangkan variabel status kemiskinan tidak signifikan mempengaruhi pernikahan usia dini di Provinsi Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK C 80/17 Men d
Uncontrolled Keywords: Pernikahan usia dini, Provinsi Jawa Timur, Regresi Logistik
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
DIAN MENTARI, 041211132009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAchmad Sjafii, S.E., M.E.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 18 Aug 2017 00:10
Last Modified: 18 Aug 2017 00:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60611
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item