PENGARUH BRAND REPUTATION, TRIBALISM, DAN RELATIONSHIP TERHADAP BRAND FORGIVENESS KONSUMEN INDONESIA PECINTA KLUB SEPAK BOLA MANCHESTER UNITED

ERWIN PONCO BUDI SULISTIYONO, 041112344 (2017) PENGARUH BRAND REPUTATION, TRIBALISM, DAN RELATIONSHIP TERHADAP BRAND FORGIVENESS KONSUMEN INDONESIA PECINTA KLUB SEPAK BOLA MANCHESTER UNITED. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK B 65-17 Sul p.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
2. FULLTEXT B 65-17 Sul p.pdf
Restricted to Registered users only until 19 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh brand reputation, tribalism, terhadap brand relationship yang nantinya akan berpengaruh terhadap kemauan konsumen dalam memaafkan kesalahan yang dilakukan oleh suatu brand (brand forgiveness) dalam konteks olahraga. Penelitian ini dilakukan dengan desain eksplanatori, data diperoleh melalui kuesioner yang disebar secara online oleh peneliti kepada para pendukung klub sepakbola Manchester United yang sejak tahun 2013 tahun hingga 2016 yang sedang mengalami penurunan performa dan prestasi. Total partisipan dalam kuesioner ini adalah berjumlah 200 pendukung. hasil dari jawaban responden tersebut direkap dan ditabulasi. Kemudian data diuji dengan model penelitian menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat Analisis of Moment Structures (AMOS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa brand reputation dan brand tribalism memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand relationship. Selanjutnya, brand relationship berpengaruh terhadap brand forgiveness. temuan ini memberikan beberapa implikasi teoritis dan praktis yang penting dalam hal mengantisipasi terjadinya kekecewaan konsumen dalam dunia sepak bola sehingga mau memaafkan kesalahan merek klub

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.65/17 Sul p
Uncontrolled Keywords: Brand reputation, brand tribalism, brand relationship, brand forgiveness.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ERWIN PONCO BUDI SULISTIYONO, 041112344UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSony Kusumasondjaja, SE., M.Com., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 19 Aug 2017 06:21
Last Modified: 19 Aug 2017 06:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60621
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item