PENGARUH PROFITABILITAS DAN KEBIJAKAN HUTANG TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI

IQBAL IRSADY, 041211333003 (2017) PENGARUH PROFITABILITAS DAN KEBIJAKAN HUTANG TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
A. 190-17 Irs p.pdf
Restricted to Registered users only until 21 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan kebijakan hutang terhadap kebijakan dividen dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderasi. Sampel penelitian ini menggunakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2014 dan 2015. yaitu 141 perusahaan pada tahun 2014 dan 143 perusahaan pada tahun 2015 dengan total 284 firm year Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Moderated Regression Analysis (MRA) yang digunakan untuk menguji apakah variabel moderating dapat memperkuat atau memperlemah hubungan antara variabel-variabel independen terhadap variabel dependen. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi berganda dengan menggunakan program SPSS versi 23. Model regresi I menguji pengaruh profitabilitas yang diproksikan dengan ROA dan kebijakan hutang yang diproksikan dengan DER terhadap kebijakan dividen yang diprosikan dengan DPR. Model regresi II dan Model regresi IIImenguji apakah kepemilikan manajerial dengan proksi rasio kepemilikan manajerial dapat memoderasi hubungan antara profitabilitas dan kebijakan hutang terhadap kebiajakan dividen. Hasil uji t menunjukan pada model I hanya profitabilitasyang berpengaruh positif secara signifikan terhadap kebijakan dividen dengan taraf signifikansi 1%. Sedangkan kebijakan hutang tidak memiliki pengaruh secara signifikanpada model II dan model III variabel kepemilikan manajerial tidak dapat memperkuat hubungan antara profitabilitas terhadap kebijakan dividen karena posisi variabel kepemilikan manajerial sebagai Homoligizer Moderator, sedangkan pada hubungan antara kebijakan hutang terhadap kebijakan dividen variabel kepemilikan manajerial tidak memoderasi hubungan keduanya dikarenakan posisi variabel kepemilikan manajerial sebagai Homoligizer Moderator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 190-17 Irs p
Uncontrolled Keywords: profitabilitas (ROA), kebijakan hutang (DER), kebijakan dividen (DPR), kepemilikan managerial (MOWN)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
IQBAL IRSADY, 041211333003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorZaenal Fanani, Dr. SE., MSA., AK. CA.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 20 Aug 2017 16:09
Last Modified: 20 Aug 2017 16:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60629
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item