PENERAPAN TARGET COSTING UNTUK OPTIMALISASI PERENCANAAN LABA SMALL MEDIUM SERVICE ENTERPRISE (Studi Kasus pada PT. Tjuatja Utama Bali)

VINA AUDITIA, 041311333191 (2017) PENERAPAN TARGET COSTING UNTUK OPTIMALISASI PERENCANAAN LABA SMALL MEDIUM SERVICE ENTERPRISE (Studi Kasus pada PT. Tjuatja Utama Bali). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
A. 199-17 Aud p.pdf
Restricted to Registered users only until 21 August 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Metode target costing umumnya digunakan untuk perusahaan manufaktur dan terbukti mampu mereduksi biaya produksi serta memaksimalkan profit. Faktanya, perusahaan jasa pun membutuhkan metode target costing, terutama untuk perusahaan jasa kecil menengah yang menghadapi persaingan harga kompetitif dengan pesaingnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebermanfaatan target costing pada perusahaan jasa transportir skala kecil menengah. Pemilihan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus interpretatif membuktikan bahwa penggunaan penggunaan target cost index tidak relevan untuk perusahaan jasa kecil menengah yang pembagian aktivitasnya masih sederhana, seperti PT. Tjuatja Utama Bali yang beroperasi pada skala Jawa-Bali. Penelitian ini mengganti penggunaan target cost index pada tahapan cost reduction dengan pendekatan kualitatif interpretasi peneliti berdasarkan observasi untuk menentukan pos biaya yang akan dikurangi atau ditambah. Tahapan penerapan target costing untuk jasa yang mengacu pada International Small Enterprise Promotion Training Program (2009) terbukti menciptakan efisiensi biaya dan mampu memaksimalkan laba pada PT. Tjuatja Utama Bali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 199-17 Aud p
Uncontrolled Keywords: manajemen biaya, perencanaan laba, reduksi biaya, target costing untuk jasa.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
VINA AUDITIA, 041311333191UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSedianingsih, Dr. , SE., M.Si., Ak., CMA.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 20 Aug 2017 17:04
Last Modified: 22 Mar 2018 19:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60640
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item