PENGARUH FAKTOR MOTIVASI MANAJEMEN TERHADAP TINDAKAN MANAJEMEN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Property, Real Estate, dan Kontruksi Bangunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015)

Eko Budi Cahyono, 041013296 (2017) PENGARUH FAKTOR MOTIVASI MANAJEMEN TERHADAP TINDAKAN MANAJEMEN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Property, Real Estate, dan Kontruksi Bangunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
A. 200-17 Cah p.pdf
Restricted to Registered users only until 21 August 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Guna mencapai kinerja perusahaan yang diharapkan, maka manajemen berupaya untuk mengoptimalkan sumberdaya yang dimiliki untuk menghasilkan keuntungan (profit) bagi perusahaan. Namun, untuk mencapai kinerja perusahaan yang baik, manajer sering kali melakukan manajemen laba untuk membuat kualitas laba terlihat baik. Hal tersebut membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengaruh faktor motivasi manajemen terhadap tindakan manajemen laba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh faktor motivasi manajemen terhadap manajemen laba. Motivasi tersebut adalah bonus, politik, pajak, asimetri infomasi dan kontrak hutang. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan jasa sektor property, real estate dan kontruksi bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013 sampai 2015 dengan jumlah data sampel 118 data perusahaan. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling. Analisis regresi linier berganda dilakukan dengan menggunakan software SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 118 data perusahaan sampel yang memenuhi kriteria purposive sampling yang ditetapkan dalam penelitian. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa asimetri informasi berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Sedangakan motivasi bonus, motivasi politik, motivasi pajak, dan motivasi kontrak hutang tidak berpengaruh terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 200-17 Cah p
Uncontrolled Keywords: Manajemen Laba, Motivasi Bonus, Motivasi Politik, Motivasi Pajak, Asimetri Informasi dan Motivasi Kontrak Hutang.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
Eko Budi Cahyono, 041013296UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHeru Tjaraka, Dr. , SE.,M.Si.,BKP.,Ak.,CA.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 20 Aug 2017 17:14
Last Modified: 20 Aug 2017 17:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60641
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item