Pengaruh Kepuasan Atas Pekerjaan Terhadap Kinerja Pembelajaran Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Intervening Pada Guru SMA Negeri 4 Surabaya

Meirisa Nuria Ulfah, 040418829 (2009) Pengaruh Kepuasan Atas Pekerjaan Terhadap Kinerja Pembelajaran Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Intervening Pada Guru SMA Negeri 4 Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-ulfahmeiri-16256-abstrak-p.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-ulfahmeiri-13686-kkbkk-2-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh kepuasan atas pekerjaan (X) terhadap kinerja individual (Y) dengan self efficacay (Z) sebagai variable intervening pada guru SMA Negeri 4 Surabaya. Kepuasan atas pekerjaan adalah penilaian dari masing-masing responden tentang kepuasan yang dirasakan dalam melaksanakan pekerjaan. Faktor yang digunkan untuk mengukur kepuasan atas pekerjaan adalah variasi keahlian (skill variety), identitas pekerjaan (task identity), tingkat kepentingan pekerjaan (task significance), otonomi (autonomy), umpan balik (feedback). Self efficacy adalah keyakinan seseorang mengenai peluangnya untuk berhasil mencapai tugas-tugas tertentu. Faktor yang digunakan untuk mengukur variable self efficacy adalah instrument yang dikembangkan Pearlin et.al, yang ditunjukkan oleh perilaku diantaranya : kepercayaan untuk merealisasikan sesuatu yang ada dalam pikiran, terkadang merasa tertekan dalam hidup, sering merasa tidak mampu memecahkan masalah yang dihadapi, sering merasa memiliki sedikit control atas kejadian yang dialami. Kinerja individual yang digunakan adalah penilaian kinerja yang dikembangkan di SMA Negeri 4 Surabaya dengan indikator pengukran perumudasn tujuan pembelajaran, pemilihan dan pengorganisasian materi ajar, pemilihan sumber belajar/media pembelajaran, metode pembelajaran dan penilaian prestasi belajar. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis jalur (part analysis) dengan jumlah sampel penelitian 56 orang guru. Didapatkan persamaan jalur pertama Z = 0,678 X + 0,736 dan hasil persamaan jalur kedua Y = 0,303 X + 0,487 Z + 0,686. Koefisien determinasi total sebesar 0,745 bearti 74,5% keragaman data dapat dijelaskan oleh model dalam penelitian ini atau dengan kata lain informasi yang terkandung dalam data 74,5% dapat dijelaskan oleh mdel tersebut, sedangkan sisanya sebesar 25,5% dijelaskan oleh variabel lain (yang belum terdapatdalam model) dan error. Hasil persamaan jalur pertama menjelaskan bahwa besarnya pengaruh kepuasan atas pekerjaan (X) terhadap self efficacy (Z) sebesar 0,678, besarnya pengaruh kepuasan atas pekerjaan (X) terhadap terhadap kinerja pembelajaran (Y) sebesar 0,303 dan besarnya pengaruh self efficacy (Z) terhadap kinerja pembelajaran (Y) sebesar 0,487. Dari hasil analsis dapat dikatakan bahwa individu yang memilii tinkat keyaknan self efficacy tinggi akan memperoleh kepuasan atas pekerjaannya yang tinggi pulasehingga akan meningkatkan kinerja dari idividu tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 69-10 Ulf p
Uncontrolled Keywords: JOB SATISFACTION; EMPLOYEES � STUDY AND TEACHING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Q Science > Q Science (General) > Q181-183 Study and Teaching
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
Meirisa Nuria Ulfah, 040418829UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPraptini Yulianti, Dra., Ec., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 15 Mar 2011 12:00
Last Modified: 14 Jul 2016 01:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6065
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item