PENGELOLAAN PERAHU DI PELABUHAN KALIMAS TAHUN 1900 - 1942

Abdul Aziz Setiawan, 121014007 (2016) PENGELOLAAN PERAHU DI PELABUHAN KALIMAS TAHUN 1900 - 1942. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FS Sej 04-17 Set p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengelolaan Perahu di Pelabuhan Kalimas Tahun 1900-1942 adalah fokus pembahasan pada skripsi ini. Tujuan ditulisnya skripsi ini adalah untuk mengetahui perkembangan dan penyusutan yang terjadi pada Pengelolaan Perahu di Pelabuhan Kalimas Pada Tahun 1900-1942. Skripsi ini dibuat dengan menerapkan metode sejarah yang terdiri dari 4 tahap, keempat tahap tersebut adalah tahap heuristik, tahap kritik, tahap interpretasi, dan historiografi. Hasil dari penulisan skripsi ini adalah perkembangan perekonomian kota Surabaya akibat diterapkannya Undang-undang Gula dan Undang-undang Agraria pada tahun 1870 yang mana perkembangan ekonomi tersebut juga berimbas kepada semakin ramainya kegiatan ekonomi di pelabuhan Kalimas dan munculnya perusahaanperusahaan perahu di kota Surabaya yang berperan dalam pengelolan perahu yang ada di kota Surabaya, dan jumlah perusahaan-perusahaan perahu tersebut juga bertambah dari tahun ke tahun sampai tahun 1900-an. Namun tahun 1900-an juga merupakan tahun-tahun kemunduran bagi pelabuhan Kalimas, hal tersebut dikarenakan pemerintah kolonial Belanda membangun pelabuhan lain di kota Surabaya, yaitu pelabuhan Tanjung Perak atau Pelabuhan Surabaya, pelabuhan tersebut memiliki kapasitas yang lebih besar dari pelabuhan Kalimas, selain itu juga berkembangnya pelabuhan-pelabuhan lama di kota-kota lain di Jawa Timur juga ikut menyebabkan mundurnya pelabuhan Kalimas, kemudian juga terjadi pendangkalan sungai Kalimas yang ikut memundurkan aktivitas ekonomi di pelabuhan Kalimas, kemudian yang terakhir adalah terjadinya invasi Jepang terhadap Hindi-Belanda, invasi tersebut membuat perekonomian kota Surbaya menjadi hancur dan otomatis membuat pelabuhan Kalimas juga mengalami kemunduran. kemunduran ekonomi yang dialami oleh kota Surabaya dan kemunduran aktivitas ekonomi di pelabuhan Kalimas juga ikut mempengaruhi aktivitas pengelolaan perahu di pelabuhan Kalimas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FS Sej 04/17 Set p
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Perahu, Pelabuhan, Kalimas
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC203-380 Harbors and coast protective works. Coastal engineering. Lighthouses
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsEmail
Abdul Aziz Setiawan, 121014007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPurnawan Basundoro, Dr., S.S., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 21 Aug 2017 22:01
Last Modified: 21 Aug 2017 22:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60745
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item