ATRAKSI WISATA BUDAYA ( Studi Deskriptif Tentang Daya Tarik Prosesi 1 Suro Sebagai Atraksi Wisata Budaya di Air Terjun Sedudo Nganjuk )

YOGA LUTFI SISENDIKA, 071310213064 (2017) ATRAKSI WISATA BUDAYA ( Studi Deskriptif Tentang Daya Tarik Prosesi 1 Suro Sebagai Atraksi Wisata Budaya di Air Terjun Sedudo Nganjuk ). Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKB KK FV.PW.26-17 Sis a ABSTRACT.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK FV.PW.26-17 Sis a TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebudayaan merupakan segala hal yang berlangsung dan terjadi disekitar lingkungan kita. Kebudayaan juga merupakan cirri khas masyarakat satu dengan yang lain, yang terbentuk dari rangkaian proses adaptasi lingkungan dan evolusi budaya. Tanggal satu pada tahun baru jawa diperingati sebagai saat dimulainya adanya kehidupan baru umat manusia dari lubuk hati terdalam manembah, menghormati kepada Yang Satu, Yang Tunggal, Yang Esa, yang mula-mula menciptakan seluruh alam raya ini dengan semua isinya, termasuk manusia, yaitu Gusti, Tuhan yang Maha Esa. Oleh karena itu peringatan 1 Suro selalu berjalan dengan khusuk, orang membersihkan diri lahir batin, melakukan instropeksi, mengucap syukur kepada Gusti Yang Membuat Hidup dan Menghidupi, yang telah memberi kesempatan kepada kita semua untuk lahir, hidup dan berkiprah didunia ini. Perayaan 1 Suro bisa dilakukan di banyak tempat dan dengan berbagai cara Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kualitatif dan bertipe penelitian secara deskriptif, sedangkan lokasi penelitian yang dijadikan acuan oleh penulis adalah obyek wisata Air Terjun Sedudo. Karena obyek wisata tersebut sebagai lokasi terselenggaranya Ritual Siraman Sedudo yang terdapat di Kabupaten Nganjuk dan merupakan tempat penulis dalam menemukan fenomena dan berbagai permasalahan serta penulis mencoba untuk mencari solusi dari permasalahan yang ada. Pengumpulan data yang menyangkut permasalahan dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari data yang sudah terkumpul selanjutnya peneliti akan menganalisa. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa Ritual Siraman Sedudo mempunyai daya tarik wisata seperti larung sesaji dan prosesi siraman sedudo. Selain itu peran pemerintah dalam mengemas Ritual Siraman Sedudo sangat kompleks yaitu sebagai media promosi. Perayaan Ritual Siraman Sedudo dilakukan oleh masyarakat sekitar obyek wisata Air Terjun Sedudo mempunyai unsur yang sangat penting karena biasanya mereka menilai sacral atau tidaknya Ritual Siraman Sedudo itu tergantung dari khidmat atau tidaknya dalam melakukan perayaan tersebut, yang nantinya dituangkan oleh penulis dalam suatu karya ilmiah yaitu Tugas Akhir yang merupakan salah satu syarat untuk penulis dalam mencapai proses kelulusan akademis di universitas yang telah penulis naungi saat ini.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK FV.PW.26/17 Sis a
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
YOGA LUTFI SISENDIKA, 071310213064UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSRI ENDAH NURHIDAYATI, S.Sos., Msi.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 22 Aug 2017 00:05
Last Modified: 22 Aug 2017 00:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60774
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item