Analisis Gen P Virus Hepatitis B (VHB) pada Serum Penderita Hepatitis B Kronik yang mendapat pengobatan Telbivudine dikaitkan dengan jumlah muatan virus sebelum pengobatan

Mastutik, Gondo and Budi Setiawan, Poernomo and Junistuti and Amin, Mochammad and Utsumi, Takako (2010) Analisis Gen P Virus Hepatitis B (VHB) pada Serum Penderita Hepatitis B Kronik yang mendapat pengobatan Telbivudine dikaitkan dengan jumlah muatan virus sebelum pengobatan. In: Seminar Hasil Penelitian Kerjasama Internasional Tahun 2010, 29-30 September 2010, Sheraton Media Hotel and Towers Jakarta.

[img] Text (Fulltext)
karil8.Analisis_Gen.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Peerreview)
peerreview8-AnalisisGen.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Infeksi VHB kronik adalah salah satu penyakit global, dengan angka morbiditas dan mortalitas yang tingi karcna dapat menimbulkan kerusakan hati, sirosis hati dan HCC. Terdapat beberapa strategi untuk mencegah komplikasi tersebut, yaitu dengan pencegahan seperti vaksinasi dan pemberian antivirus untuk mengontrol replikasi VHB dan mencegah kerusakan hati. Penemuan dan penggunaan antivirus golongan nucleosides analogoues (lamivudine, adefovir, entecavir) merupakan revolusi pengobatan untuk penderita dengan infeksi vHB kronik. Namun pemberian nuclosides analogues tersebut dapat menimbulkan vHB mutan dengan mutasi pada gen Polymerase. Pengobatan antivirus dengan nuclosides analog telbiwdine dapat menimbulkan vHB mutan dengan mutasi pada gen polymerase yang menyebabkan peningkatan muatan DNA virus pada s€rum penderita sehingga menyebabkan kegadan pengobatan. Namun deteksi mutasi gen p beserta muatan DNA vHB pada serum penderita hepatitis B kronik yang mendapat pengobaan telbivudine di Surabaya masih belum pemah dilakukan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Patologi Anatomi
Creators:
CreatorsNIM
Mastutik, Gondogondomastutik@gmail.com
Budi Setiawan, PoernomoUNSPECIFIED
JunistutiUNSPECIFIED
Amin, MochammadUNSPECIFIED
Utsumi, TakakoUNSPECIFIED
Depositing User: Bayu Yulianti
Date Deposited: 22 Aug 2017 17:54
Last Modified: 22 Aug 2017 17:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60779
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item