ANALISIS PROSES PRODUKSI PADA PT. SEKAR LAUT, Tbk. DENGAN METODE DMAIC SIX SIGMA

HENDRA ADI PRASETYO, 040912070 (2017) ANALISIS PROSES PRODUKSI PADA PT. SEKAR LAUT, Tbk. DENGAN METODE DMAIC SIX SIGMA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK B 70-17 Pra a.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
2. FULLTEXT B 70-17 Pra a.pdf
Restricted to Registered users only until 23 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada perkembangan industri saat ini, pengendalian kualitas produk semakin menjadi perhatian khusus bagi para pelaku industri. Pengendalian kualitas produk merupakan strategi perusahaan untuk bisa lebih kompetitif pada persaingan industri yang ada. PT. Sekar Laut, Tbk. bergerak pada industri pengolahan kerupuk seperti kerupuk udang, kerupuk ikan, dan kerupuk sayur, serta produk pendamping berupa saus dan bumbu-bumbu. PT. Sekar Laut, Tbk. mengalami permasalahan pada kualitas produk yang dihasilkan, dimana persentase tingkat cacat produk dari produk yang dihasilkan diatas standar yang telah ditetapkan perusahaan yakni sebesar 4%. Sehingga perusahaan perlu melakukan pengendalian kualitas dari produk yang dihasilkan untuk mengurangi tingkat cacat produk agar sesuai dengan standar atau bahkan mendekati zero defect. Penelitian ini menggunakan metode Define, Measure, Analyze, Improve, Control (DMAIC) Six Sigma yang berfokus pada analisis faktor cacat produk dan perancangan pengendalian kualitas produk kerupuk dengan merek Finna. Dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi solusi dan pertimbangan dalam pengendalian kualitas produk yang dihasilkan perusahaan. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini, didapatkan bahwa dari produksi kerupuk terdapat 7 jenis cacat yang menjadi Critical to Quality (CTQ) kunci yaitu cacat tebal tipis, cacat lubang, cacat pecah, cacat lengket, cacat under cooked, cacat bantat, dan cacat benda asing. Dengan menggunakan Cause and Effect Diagram dan perhitungan Failure Mode Effect Analysis (FMEA) didapatkan penyebab terjadinya cacat produksi dari produk yang dihasilkan dan mencari akar penyebab permasalahan yang kemudian menentukan prioritas alternatif perbaikan untuk mengurangi tingkat cacat produk. Sehingga hasil alternatif perbaikan dapat menjadi solusi dalam proses produksi, serta alternatif perbaikan tersebut dapat dijadikan standar dalam proses produksi di perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.70/17 Pra a
Uncontrolled Keywords: Six Sigma, Define Measure Analyze Improve Control (DMAIC), Critical to Quality (CTQ), Cause and Effect Diagram, Failure Mode Effect Analysis (FMEA)
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS155-194 Production management. Operations management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
HENDRA ADI PRASETYO, 040912070UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBaling Kustriono, Ir. , MM.,UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 23 Aug 2017 00:01
Last Modified: 23 Aug 2017 00:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60814
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item