PROMOSI OBYEK WISATA (Studi Deskriptif Tentang Efektivitas Promosi Obyek Pantai Pelang Oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kab.Trenggalek)

ILHAM DESTAMA SETYORAHMAH, 071310213051 (2017) PROMOSI OBYEK WISATA (Studi Deskriptif Tentang Efektivitas Promosi Obyek Pantai Pelang Oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kab.Trenggalek). Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKB KK FV.PW.22-17 Set p ABSTRACT.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK FV.PW.22-17 Set p TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengembangan pariwisata adalah kegiatan dan usaha yang sudah terorganisir untuk menarik wisatawan, menyediakan semua sarana prasarana, barang, jasa fasilitas yang diperlukan, guna melayani kebutuhan wisatawan, sehingga sektor pariwisata memang cukup menjanjikan yang dapat memperoleh keuntungan banyak dan juga semakin banyak menarik berbagai investor untuk datang. Dalam pembahasan ini efektivitas promosi obyek pantai pelang oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Trenggalek mempunyai potensi yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi destinasi unggulan yang ada di Kabupaten Trenggalek. Hal ini di perkuat dengan semakin gencarnya pihak pengelola pantai pelang mempromosikan dalam berbagai cara kegiatan promosi kepariwisataan. Yang bertujuan untuk memperkenalkan pantai pelang kepada masyarakat umum sehingga meningkatkan kunjungan wisata ke pantai pelang. Dalam penelitian ini yang menjadi permasalahan ialah efektivitas promosi obyek pantai pelang oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Trenggalek. Berbagai macam obyek wisata alam yang ada di Kabupaten Trenggalek mulai dari keindahan goa lowo sampai dengan keindahan pantai pasir putih karanggongso akan tetapi pantai pelang mempunyai keunikan sendiri dari pantai yang sudah dibuka di Trenggalek. Pantai pelang menawarkan keindahan pantai yang digabung dengan keindahan air terjun banyu leri. Sedangkan analisis data yang digunakan untuk memecahkan masalah yang diteliti ialah bersifat kualitatif dan metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode Deskriptif. Dengan demikian pendekatan deskriptif kualitatif memungkinkan peneliti untuk mengkaji permasalahan di obyek penelitian secara terperinci. Penelitian ini menggunakan kumpulan data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan beberapa sumber bahan dokumen. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa efektivitas promosi obyek pantai pelang oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Trenggalek memberikan informasi wisata, mengadakan beberapa event tahunan, mengikuti pameran-pameran pariwisata, membuat guide book dan juga promosi yang dilakukan melalui internet. Namun pengelola dalam hal ini juga masih mengalami beberapa kendala, salah satunya yaitu sarana prasarana yang masih belum sepenuhnya layak mengingat pembanguna yang dilakukan oleh pengelola masih bersifat bertahap setiap tahunya. Selain itu juga perlu adanya penambahan karyawan untuk dijadikan Guide. Mengingat guide juga menjadi point penting dalam dunia pariwisata. Sumber daya manusia dalam hal ini harus benar-benar mempunyai wawasan tentang pariwisata dan juga mempunyai pengetahuan lebih di obyek pantai pelang. ini membuat pantai pelang terlihat tertata dan profesional yang akan membuat kunjungan wisatawan ke pantai pelang meningkat.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK FV.PW.22/17 Set p
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology > HT321-325 The city as an economic factor. City promotion
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsEmail
ILHAM DESTAMA SETYORAHMAH, 071310213051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorANDY UMARDIONO, S.Sos., Msi.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 23 Aug 2017 00:52
Last Modified: 23 Aug 2017 00:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60815
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item