KINERJA ROOM ATTENDANT (Studi Deskriptif Tentang Kinerja Room Attendant di Hotel Best Western Papilio Surabaya)

BAGUS WAHYUDIANTO, 071310213075 (2017) KINERJA ROOM ATTENDANT (Studi Deskriptif Tentang Kinerja Room Attendant di Hotel Best Western Papilio Surabaya). Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKB KK FV.PW.14-17 Wah k ABSTRACT.pdf

Download (23kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK FV.PW.14-17 Wah k TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki cukup banyak daerah wisata yang tidak kalah indah dengan negara lain. Pariwisata merupakan salah satu industry yag bergerak dibidang jasa tau lebih tepatnya pelayanan dan akomodasi merupakan salah satu bagian dari industri pariwisata. Akomodasi adalah pelayanan yang menyediakan jasa penginapan untuk semua tamu atau pengunjung yang membutuhkan tempat untuk menginap dalam melakukan kegiatan berwisata, ada beberapa contoh akomodasi, losmen, villa, hotel, hostel dan masih banyak lainnya Hotel merupakan salah satu akomodasi yang banyak diminati oleh wisatawan karena dianggap cocok dan memiliki beberapa pelayanan yaitu, pelayanan penginapan berupa kamar, pelayanan makanan dan minuman berupa adanya restaurant di hotel, di hotel memiliki beberapa department yang mempunyai tugas masing-masing seperti department front office, department food and beverage, department sales and marketing, department engineering dan department housekeeping adalah salah satu department yang berada di hotel dan bertanggung jawab atas kebersihan hotel, room attendant merupakan petugas yang bertanggung jawab atas kebersihan kamar tamu dan kebersihan kamar tamu bisa berdampak pada tingkat hunian hotel, jika kamarnya bersih tamu merasa nyaman dan ingin menginap kembali di hotel tersebut. Dari latar belakang tersebut bisa dibuat rumusan masalah berupa, bagaimana kinerja room attendant hotel best western papilio Surabaya dan apa saja kendala-kendala yang dihadapi oleh room attendant dalam pelaksanaan tugasnya. Peneliti ini memakai metode penelitian kualitatif, penelitian kualitatif adalah penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis yaitu dengan melakukan wawancara terhadap informan yang memang diperlukan untuk menjawab rumusan masalah yang telah ditetapkan oleh penulis sehingga penulis menetapkan untuk mewawancarai seorang supervisor, shift leader dan room attendant, karena ketiga informan tersebut berhubungan langsung dengan apa yang diteliti oleh peneliti. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa kinerja room attendant sudah cukup baik karena sedikitnya komplain dari tamu tentang kebersihan kamar dan sedikitnya point saat QA (Quality Assurance), kemudian seorang room attendant mempunyai kendala-kendala seperti keterbatasan peralatan, beban kerja, keterbatasan bahan pembersih, keterbatasan linen, keterbatasan guest supplies yang harus dihadapi dalam melaksanakan tugasnya yang dimana kinerja room attendant yang bisa berdampak pada tingkat hunian kamar, dan dalam upaya meningkatkan kinerja room attendant pihak manajemen memberikan beberapa solusi seperti pelatihan, pengevaluasian sampai pemberian punishment dan reward kepada karyawan yang berhak mendapatkannya.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK FV.PW.14/17 Wah k
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsEmail
BAGUS WAHYUDIANTO, 071310213075UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNUR EMMA SURIANI, S.Sos., Msi.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 23 Aug 2017 01:02
Last Modified: 23 Aug 2017 01:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60816
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item