HUBUNGAN KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN PREDIKSI RISIKO KEJADIAN KARIES BARU DENGAN PENDEKATAN KARIOGRAM PADA ANAK SD WONOSOBO

Wahyu Aji Wibowo, 021414153001 (2017) HUBUNGAN KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN PREDIKSI RISIKO KEJADIAN KARIES BARU DENGAN PENDEKATAN KARIOGRAM PADA ANAK SD WONOSOBO. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img] Text (full text)
WAHYU_AJI_WIBOWO.pdf
Restricted to Registered users only until 23 August 2020.

Download (1MB)

Abstract

Karies gigi sampai saat ini masih merupakan masalah kesehatan anak yang masih tinggi prevalensinya. Karies gigi banyak terjadi pada anak-anak karena anak-anak cenderung lebih menyukai makanan manis yang bisa menyebabkan terjadinya karies gigi. Rongga mulut bukan sekedar untuk pintu masuknya makanan dan minuman, tetapi fungsi mulut lebih dari itu dan belum banyak orang yang mengetahuinya. Mulut merupakan bagian yang penting dari tubuh kita dan dapat dikatakan bahwa mulut adalah cermin dari kesehatan gigi karena banyak penyakit sistemik mempunyai gejala-gejala yang dapat dilihat dalam rongga mulut. Karies gigi pada anak sering dikaitkan dengan sosial ekonomi orang tua. Beberapa referensi menyatakan bahwa ada hubungan antara status sosial ekonomi dengan kejadian karies. Tujuan penelitian: Untuk mengetahui hubungan karakteristik sosial ekonomi orang tua dengan prediksi risiko karies baru dengan pendekatan kariogram pada anak SD Wonosobo. Metode: Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional metode survey. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel 201 responden. Hasil: Dari hasil analisis data dengan menggunakan uji korelasi spearman rank didapatkan nilai p < 0,05 untuk hubungan antara karakteristik sosial ekonomi orang tua dengan prediksi risiko karies baru dengan pendekatan kariogram.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKG 07/17 Wib h
Uncontrolled Keywords: Sosial ekonomi, prediksi risiko karies baru, kariogram
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Wahyu Aji Wibowo, 021414153001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRetno Indrawati R, Dr.., drg., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 23 Aug 2017 01:27
Last Modified: 23 Aug 2017 01:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60818
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item