OPINI PENGUNJUNG KAFE TEMATIK (Studi Deskriptif Tentang Opini Pengunjung Tentang Konsep Authentic of London yang Digunakan Oleh Stilrod Kafe Surabaya)

KASNA IBJARILIANTO, 071310213040 (2017) OPINI PENGUNJUNG KAFE TEMATIK (Studi Deskriptif Tentang Opini Pengunjung Tentang Konsep Authentic of London yang Digunakan Oleh Stilrod Kafe Surabaya). Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKB KK FV.PW.15-17 Ibj o ABSTRACT.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK FV.PW.15-17 Ibj o TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk yang tinggi membuatnya menjadi negara yang cukup konsumtif tak terkecuali terhadap dalam hal kuliner. Hal itulah yang menyababkan banyak bermunculan usaha kuliner seperti kafe dimana-mana sehingga menimbulkan persaingan yang cukup ketat. Diantara persaingan tersebut muncullah kafe tematik yang mengusung tema atau konsep tertentu untuk menarik pengunjung. Persaingan yang ketat membuat pebisnis berpikir tidak hanya menarik pengunjung namun juga mempertahankannya. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah menanyakan langsung pendapat pengunjung tentang kafe yang sesuai atau menurut mereka bagus dan cocok. Peneliti berfokus pada opini pengunjung Stilrod kafe Surabaya. Opini yang dimaksud oleh peneliti adalah pendapat pengunjung tentang tema atau konsep yang digunakan oleh Stilrod kafe Surabaya. Tidak hanya tentang opini terhadap tema dari Stilrod kafe Surabaya, peneliti juga menanyakan opini pengunjung terkait kesesuaian interior, pelayanan, dan menu dengan tema yang digunakan serta opini pengunjung tentang fasilitas, variasi menu, dan harga yang ditawarkan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan dalam menentukan sampel peneliti menggunakan metode accidental sampling dan peneliti berhasil mendapatkan data dari 55 responden yang mengunjungi Stilrod kafe Surabaya sebagai sampel dan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, penggunaan bahan dokumen, dan kuisioner sebagai pendukung. Informasi tambahan didapatkan oleh penulis melalui informan yaitu manager dan suprvisor dari Stilrod kafe Surabaya yang mengetahui Stilrod kafe Surabaya dengan mendetail. Informasi tersebut terkait tentang sejarah, fasilitas, dan lain sebagainya. Hasil penelitian ini menunjukkan opini dan juga respon pengunjung terhadap Stilrod kafe Surabaya yang mengarah pada opini dan respon yang positif. Hal itu dapat dibuktikan dengan mayoritas pengunjung menyatakan ketertarikan dan kepuasan terhadap Stilrod kafe Surabaya. Selain itu penulis juga mendapatkan data tambahan jika konsep atau tema Stilrod kafe Surabaya merupakan kafe yang disukai oleh kalangan muda karena mayoritas pengunjung merupakan generasi Y (22 – 35 tahun) dan generasi Z (7 -21 tahun).

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK FV.PW.15/17 Ibj o
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
KASNA IBJARILIANTO, 071310213040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNOVIANTO EDI SUHARNO, SST.Par., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 23 Aug 2017 01:49
Last Modified: 23 Aug 2017 01:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60821
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item