PELAYANAN HOTEL SYARIAH (Studi Deskriptif Pelayanan Front Office Syariah Pada Kyriad Pesonna Hotel Surabaya)

Abdul Latif, 071310213077 (2017) PELAYANAN HOTEL SYARIAH (Studi Deskriptif Pelayanan Front Office Syariah Pada Kyriad Pesonna Hotel Surabaya). Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKB KK FV.PW.21-17 Lat p ABSTRAK.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK FV.PW.21-17 Lat p TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hotel syariah adalah hotel yang menerapkan Syariah Agama islam kedalam operasional Hotel. Pelayanan yang baik akan mempengaruhi citra atau nama baik hotel yang bersangkutan, dan bagian paling penting tersebut adalah front office. Pelayanan terbagi dalam 5 dimensi yaitu: reliable, responsiveness, assurance, empati dan tangible. Front office departemen merupakan cerminan dari loyalitas pelayanan yang diberikan oleh manajemen hotel. Disurabaya salah satu hotel yang mengusung pelayanan berbasiskan syariah adalah Kyriad Pesonna Hotel. Hotel yang berbasis syariah harus mematuhi peraturan dan menerapkannya sesuai dengan syariah islam yang ada. Dengan melihat kenyataan itu maka dalam penulisan ini akan membahas hal-hal mengenai pelayanan yang diberikan Front Office pada Kyriad Pesonna Hotel yang berkonsep syariah dalam pelayananannya. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan tipe penelitian deskriptif dan penelitian ini juga menggunakan metode. Adapun batasan konsep yang dipilih yaitu Hotel, Pelayanan, Hotel Syariah, Syariah islam, Pelayanan Syariah dan Front Office, Penulis juga menggunakan teknik penentuan lokasi dan teknik penentuan informan dalam penulisan ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi dan wawancara. Penulis menggunakan teknik analisis data dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang didapat dalam penelitian bahwa pelayanan syariah islam pada Kyriad Pesonna Hotel sudah melakukan yang terbaik dalam pelaksanaannya dan sesuai dengan SOP. Dalam 5 dimensi pelayanan: reliable sudah membuktikan keandalan yang harus dicapai sesuai syariah islam, seperti bersikap ramah dan sopan terhadap tamu memberikan pelayanan yang cepat dan dapat diandalkan hal tersebut mendapat respon positif dari tamu. responsiveness daya tanggap yang diberikan oleh staff Front Office sangat baik dan peka dalam memberikan tanggapan seperti menanggapi complain tamu dan menyelesaikkannya dengan baik, assurance memberikan kepercayaan dengan memberitahukan fasilitas yang ada dan memberikan kamar yang dipesan tamu sesuai dengan pesanan dan juga dengan kelemah-lembutan, empati peka akan menolong kebutuhan tamu seperti membawa barang tamu kekamar tanpa disuruh, tangible dalam Kyriad Pesonna Hotel meliputi Ornamen berbau islami, uniform sesuai dengan syariah islam seperti memakai jilbab pada staff wanita kemudian meliputi wewangian staff serta make up staff yang tidak terlalu berlebih. Namun dalam beberapa pelaksanaan memiliki beberapa kendala dalam penerapannya seperti berucap “assalammualaikum”, kemudian masalah mengenai pasangan yang bukan muhrim yang menginap dalam satu ruangan masih ada, dan masalah dengan SDM

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK FV.PW.21/17 Lat p
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsEmail
Abdul Latif, 071310213077UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNOVIANTO EDI SUHARNO, SST.Par., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 23 Aug 2017 02:46
Last Modified: 23 Aug 2017 02:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60822
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item