KAMPUNGWISATA KUNGKUK (Studi Deskriptif Tentang Promosi Dusun Kungkuk sebagai Kampung Wisata di KWB)

YUNITA AYU ASMODIWATI, 071310213067 (2017) KAMPUNGWISATA KUNGKUK (Studi Deskriptif Tentang Promosi Dusun Kungkuk sebagai Kampung Wisata di KWB). Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKB KK FV.PW.28-17 Asm k ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK FV.PW.28-17 Asm k TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kota Batu merupakan salah satu kota yang terkenal dengan suasananya yang sejuk dan memiliki banyak tujuan wisata, mulai dari wisata kulinernya yang beraneka macam bisa ditemui di kota tersebut hingga wahana permainan yang biasa ataupun yang ekstrem untuk orang dewasa, tidak hanya itu banyak juga wahana permainan edukasi sehingga saat mengunjungi wahana tersebut kita mendapat beberapa ilmu. Tidak hanya terkenal dengan wisata permainannya, suasana yang sejuk dan nyaman membuat desa - desa di sekitar batu memikirkan peluang untuk menjadikan desa-desa tersebut kampung wisata dikarenakan banyak wisatawan yang berkunjung ke kota batu pastilah dari luar kota dan mereka pasti juga sangat merindukan suasana pedesaan dan bagaimana suasana destinasi tersebut dirasakan pada saat berkunjung ke salah satu destinasi wisata di Batu, maka Dusun Kungkuk membaca peluang tersebut dengan menjadikannya sebagai Kampung Wisata Kungkuk. Dusun Kungkuk tersebut memberikan fasilitas layaknya seperti suasana desa desa pada umumnya dengan melakukan kegiatan masyarakat desa yang semestinya, maka dengan itu dalam penulisan ini akan membahas hal-hal yang berhubungan terkait promosi untuk Kampung Wisata Kungkuk agar menjadi destinasi tujuan di Batu. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan tipe penelitian deskriptif dan penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena metode ini lebih peka dan lebih dapat menyesuaikan untuk membuktikan suatu permasalahan dengan data-data yang didapatkan ketika melakukan observasi dan wawancara dengan lingkungan sekitar yang terlibat langsung dengan permasalahan, penulis juga menggunakan teknik penentuan lokasi dan teknik penentuan informan dalam penulisan ini, teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi dan wawancara. Dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, penulis menggunakan teknik analisis data karena tahap menganalisis data merupakan tahap yang penting dan menentukan dalam suatu penelitian, karena pada tahap inilah data diolah dan dimanfaatkan sampai berhasil menyimpulkan kebenaran kebenaran yang dapat dipakai untuk menjawab persoalan-persoalan yang diajukan dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan analisi data yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa Kampung Wisata Kungkuk telah melakukan promosi selama Kampung Wisata Kungkuk berdiri, seperti lewat brosur, lewat sosial media dan masih banyak lagi tetapi hal tersebut selalu tersendat dengan tidak adanya SDM yang bisa menguasai hal promosi tersebut sehingga semua yang dilakukan selalu terhenti di tengah jalan seperti website yang dari tahun 2012 belum diperbaharui maupun media promosi lainnya.Langkah yang dapat disarankan ialah mencari SDM yang handal dalam hal promosi dan meminta pendampingan oleh pihak Dinas Pariwisata dalam hal promosi secara berkala agar semua program promosi yang dilakukan dapat membuahkan hasil sehingga Kampung Wisata Kungkuk menjadi destinasi wisata saat berkunjung ke Batu.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK FV.PW.28/17 Asm k
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology > HT321-325 The city as an economic factor. City promotion
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsEmail
YUNITA AYU ASMODIWATI, 071310213067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorANDY UMARDIONO, S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 23 Aug 2017 02:54
Last Modified: 23 Aug 2017 02:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60823
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item