SEDEKAH BUMI SEBAGAI ATRAKSI WISATA “ Studi deskriptif Sedekah Bumi Sebagai Atraksi Wisata di Desa Gadel Kelurahan Karangpoh Kecamatan Tandes Surabaya

NINDYA ETIKA ROSA SUSANTO, 071310213054 (2017) SEDEKAH BUMI SEBAGAI ATRAKSI WISATA “ Studi deskriptif Sedekah Bumi Sebagai Atraksi Wisata di Desa Gadel Kelurahan Karangpoh Kecamatan Tandes Surabaya. Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKB KK FV.PW.19-17 Sus s ABSTRAK.pdf

Download (870kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK FV.PW.19-17 Sus s TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam dunia kepariwisataan segala sesuatu yang menarik dan bernilai untuk dikunjungi dan dilihat disebut “atraksi”. Atraksi yang berasal dari budaya hasil daya cipta manusia dapat menjadi sebuah budaya. Budaya merupakan suatu kebiasaan yang telah dilakukan sejak lama dan menjadi bagian dari suatu kelompok masyarakat. Salah satu budaya suku di Indonesia adalah budaya Jawa. Masyarakat Jawa terkenal dengan beragam jenis tradisi budaya yang ada didalamnya. Salah satunya adalah tradisi Sedekah Bumi. Di desa Gadel adalah salah satu tempat dimana setiap tahunnya dilaksanakan tradisi Sedekah Bumi. Desa gadel adalah salah satu desa yang terletak di wilayah Surabaya Barat. Desa Gadel terkenal dengan pelaksanaan tradisi Sedekah Bumi yang paling meriah dibandingkan dengan tradisi Sedekah Bumi di daerah lainnya Dari hal ini memunculkan berbagai penjelasan tentang pelaksanaan Tradisi Sedekah Bumi itu dilakukan.Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan obervasi, wawancara dan penggunaan bahan dokumen. Dari data yang sudah terkumpul selanjutnya penulis akan menganalisa. Pendekatan kualitatif merupakan tradisi tertentu dalam ilmu pengetahuan sosial yang bergantung pada pengamatan manusia dalam kawasannya sendiri dan berhubungan dengan orang-orang. Peneliti menggunakan deskriptif yang memberikan gambaran suatu gejala sosial tertentu dan sudah ada informasi dalam permasalahan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk pelaksanaan tradisi Sedekah Bumi di desa Gadel dapat menjadi atraksi wisata. Bentuk tradisi Sedekah Bumi yang terdiri dari pelaksanaan dan ritualnya sudah dapat menarik wisatawan. Pelaksanann tradisi Sedekah Bumi belangsung selama dua hari satu malam dengan berbagai macam atraksi yang ditampilkan di desa Gadel. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa bahwa bagaimana pelaksanaan Tradisi Sedekah Bumi di desa Gadel yang dapat menjadi atraksi wisata di desa tersebut yang tersaji dalam bentuk ritual dan pelaksanaannya yang nantinya akan dituangkan oleh penulis dalam Tugas Akhir yang merupakan salah satu syarat untuk penulis dalam mecapai gelar Ahli Madya program studi DIII Kepariwisataan/Bina Wisata.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK FV.PW.19/17 Sus s
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NINDYA ETIKA ROSA SUSANTO, 071310213054UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorANDY UMARDIONO, S.Sos., Msi.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 23 Aug 2017 22:38
Last Modified: 23 Aug 2017 22:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60852
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item