KLIPING ARSIP “SURABAYA TEMPO DOLOE”

DWI ARINI FEBRYANTI, 151411313027 (2017) KLIPING ARSIP “SURABAYA TEMPO DOLOE”. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (737kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FV TP 02-17 Feb k.pdf
Restricted to Registered users only until 24 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Arsip sebagai salah satu sumber informasi memiliki peran penting dalam perkembanganya. Arsip dibedakan menjadi dua macam yaitu arsip dinamis dan arsip statis. arsip statis bersifat terbuka untuk publik karena merupakan arsip yang memiliki nilai sejarah dan merupakan aset bangsa yang menjadi bukti terjadinya peristiwa masa lalu. Seorang arsiparis dapat memanfaatkan arsip statis sebagai salah satu layanan publik dengan membuat kliping arsip yang berbentuk manual dan elektronik sehingga memudahkan pengguna dalam menelusur informasi bersejarah dalam satu subyek atau satu keterkaitan. Salah satunya yaitu Kliping Arsip “Surabaya Tempo Doloe”dalam bentuk manual dan bentuk elektronik dengan menggunakan wordpress. Pembuatan produk tersebut untuk memudahkan pengguna dalam mencari informasi menggunakan arsip media baru (foto) berkaitan dengan sejarah Kota Surabaya pada masa lalu yang dikemas secara ringkas dengan deskripsi arsip sesuai aturan yang baik dan benar. Berdasarkan langkah-langkah dalam pembuatan produk yang telah dilakukan penulis, maka dapat disimpulkan bahwa : a. Produk “Kliping Arsip Surabaya Tempo Doloe” memiliki pengemasan yang sederhana tetapi memiliki kumpulan arsip yang kompleks sehingga dapatmudah dipahami oleh pengguna dalam melakukan penelusuran informasi tentang Kota Surabaya tempo dulu pada kliping manual ataupun kliping elektronik. b. Produk “Kliping Arsip Surabaya Tempo Doloe” ini memberikan informasi dan deskripsi arsip tentang Surabaya Tempo Dulu, seperti isi arsip, bentuk arsip, sumber arsip, dan jumlah arsip. Selain itu pada arsip yang tersedia telah dikategorikan sesuai dengan kategori dan sub subyek yang ada untuk mempermudah pencarian arsip yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK FV TP 02/17 Feb k
Uncontrolled Keywords: Kliping, Arsip, Surabaya
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CD Diplomatics. Archives. Seals > CD921 Archives
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Teknisi Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DWI ARINI FEBRYANTI, 151411313027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDessy Harisanty, S.Sos., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 24 Aug 2017 01:20
Last Modified: 24 Aug 2017 01:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60863
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item