SALAD DALAM MENU A’LA CARTE (Studi Deskriptif Tentang Faktor yang Melatarbelakangi Ditonjolkannya Salad Dalam Menu A’la Carte di Garden Palace Hotel Surabaya)

Muhammad Affan Fikri Farros Ibnu Malik, 071310213020 (2017) SALAD DALAM MENU A’LA CARTE (Studi Deskriptif Tentang Faktor yang Melatarbelakangi Ditonjolkannya Salad Dalam Menu A’la Carte di Garden Palace Hotel Surabaya). Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKB KK FV.PW.09-17 Mal s ABSTRAK.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK FV.PW.09-17 Mal s TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Di era modern seperti sekarang ini kegiatan pariwisata merupakan kegiatan yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Entah itu sebagai kebutuhan untuk melepas jenuh atau sebagai lahan bisnis. Dari sinilah timbul peluang bisnis untuk memfasilitasi segala keperluan akomodasi dalam kegiatan pariwisata seperti fasilitas penginapan atau perhotelan. Semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung ke suatu daerah maka semakin banyak pula tingkat kebutuhan akan akomodasi perhotelan, sebagai sarana wisatawan untuk melakukan berbagai kegiatan. Tidak heran kini banyak hotel-hotel yang berdiri di kota Surabaya. Untuk dapat bersaing, sebuah hotel haruslah mampu membuat produk tertentu sebagai ciri khas dan daya tarik bagi para wisatawan. Tidak hanya mengenai tentang produk kamar, bisa juga melalui produk F&B yang biasanya dijual di restoran hotel. Hal ini yang coba di tawarkan oleh Garden Palace Surabaya yang menjual menu baru yaitu hidangan salad dalam menu a’la carte nya. Dalam menentukan sebuah menu baru untuk dapat bersaing dengan hotel lain tentunya dibutuhkan sebuah pertimbangan yang cukup matang. Maka penulis ingin meneliti tentang faktor apa yang melatarbelakangi ditonjolkannya salad dalam menu a’la carte di Garden Palace Hotel Surabaya. Dalam proses penyusunan Tugas Akhir ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Yang berarti peneliti mencoba menjelaskan atau mendeskripsikan data-data yang telah diperoleh selama penelitian.Data tersebut berupa kutipan wawancara dan data pribadi hotel yang diperoleh dengan melakukan wawancara dari narasumber. Hasil penelitian yang didapatkan oleh penulis adalah berupa penjelasan detail bahwa hal yang menjadi pertimbangan dipilihnya salad dalam menu a’la carte digolongkan menjadi dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang dimaksud adalah pihak manajemen hotel dan faktor eksternal yang dimaksud adalah konsumen. Dari kedua faktor tersebut ditarik beberapa variabel yang dijadikan bahan pertimbangan. Variabel tersebut antara lain, varian hidangan, cita rasa hidangan, tampilan atau presentasi hidangan, serta food cost dan harga yang ditetapkan. Setelah melalui berbagai pertimbangan nyatanya memang salad sesuai dengan tujuan yang inigin dicapai oleh pihak hotel. Maka salad ditetapkan sebagai salah satu menu yang ditonjolkan dalam menu a’la carte di Garden Palace hotel. Sehingga diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan asing maupun lokal untuk datang berkunjung.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK FV.PW.09/17 Mal s
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Affan Fikri Farros Ibnu Malik, 071310213020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDIAN YULIE REINDRAWATI, S.Sos., M.M., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 24 Aug 2017 22:16
Last Modified: 24 Aug 2017 22:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60922
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item