KESELAMATAN & KESEHATAN KERJA (Studi Deskriptif tentang Penerapan Keselamatan & Kesehatan Kerja Karyawan di Hotel Maxone Surabaya)

SEKAR AYU LESTARI, 071310213029 (2017) KESELAMATAN & KESEHATAN KERJA (Studi Deskriptif tentang Penerapan Keselamatan & Kesehatan Kerja Karyawan di Hotel Maxone Surabaya). Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKB KK FV.PW.10-17 Les k ABSTRAK.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK FV.PW.10-17 Les k TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keselamatan kerja dapat diartikan sebagai kondisi yang bebas dari resiko kecelakaan yang berhubungan dengan mesin, tempat kerja dan lingkungannya sedangkan kesehatan kerja merupakan kondisi yang dapat mempengaruhi kesehatan para pekerja sebagaimana kita dapat ketahui produktivitas optimal dalam dunia pekerjaan merupakan dambaan dari setiap manajer atau pemilik usaha karena dengan demikian sasaran keuntungan akan dapat dicapai ( Widayana 2014:5). Demikian juga yang terjadi di Hotel Maxone Surabaya, telah melakukan beberapa upaya untuk keselamatan dan kesehatan kerja bagi karyawannya dan orang disekitarnya agar selalu merasa aman saat berada di Hotel. Berdasarkan alasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa upaya penerapan keselamatn dan kesehatan kerja karyawan sangatlah penting karena dapat meningkatkan kinerja karyawan yang sangat berpengaruh pada aset suatu perusahaan dalam menjalankan semua pekerjaan. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian diskriptif. Metode deskriptif adalah penelitian yang berupaya mendeskripsikan atau menggambarkan serta menuliskan fenomena atau hubungan antar fenomena yang diteliti dengan sistematis, actual dan akurat. (Kusmayadi.2000:29). Sedangkan pendekatan kualitatif adalah merupakan data-data yang digunakan berhubungan erat dengan katagori karakteristik serta yang berwujud perkataan. Sesuai judul yang ditulis penulis keselamatan dan kesehatan kerja (Studi Deskriptif tentang Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Hotel Maxone Surabaya). Ada beberapa yang dilakukan mengenai penerapan keselamatan dan kesehatan kerja di Hotel Maxone Surabaya. Pihak manajemen Hotel Maxone Surabaya melakukan beberapa upaya diantaranya memasang alat keselamatan kerja yang meliputi alat pelindung diri, alat pemadam kebakaran, pemasangan tangga darurat dan memberi pelatihan atau training yang diadakan oleh disnaker tentang keselamatan dan kesehatan kerja, serta pemberian asuransi yang diberikan kepada seluruh karyawan Hotel Maxone Surabaya. Persepsi timbul dari beberapa orang yang ada di dalam Hotel seperti karyawan mengungkapkan persepsinya terhadap penerapan K3 di Hotel Maxone Surabaya masih belum maksimal karena ada beberapa peralatan yang masih belum dipasang dan ada sebagaian karyawan yang merasa belum puas dengan asuransi yang diberikan dengan resiko kecelakaan kerja yang mungkin dapat terjadi.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK FV.PW.10/17 Les k
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG9371-9399 Health insurance
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
SEKAR AYU LESTARI, 071310213029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorANDY UMARDIONO, S.Sos., Msi.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 24 Aug 2017 23:22
Last Modified: 24 Aug 2017 23:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60937
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item