PERAN PEMBERDAYAAN DANA ZAKAT, INFAQ DAN SHADAQAH DALAM BIDANG PENDIDIKAN (studi kasus: Yayasan Dana Sosial Al-Falah dan Rumah Kepemimpinan Surabaya)

Teuku Ahmad Naufal, 041211432112 (2017) PERAN PEMBERDAYAAN DANA ZAKAT, INFAQ DAN SHADAQAH DALAM BIDANG PENDIDIKAN (studi kasus: Yayasan Dana Sosial Al-Falah dan Rumah Kepemimpinan Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (645kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FEB EI 33-17 Nau p.pdf
Restricted to Registered users only until 28 August 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberdayaan dana zakat, infaq, dan shadaqah dalam bidang pendidikan pada Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) dan Rumah Kepemimpinan (RK) di Surabaya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh krisis kepemimpinan dimasa sekarang, untuk itu diperlukan pendidikan kepemimpinan Islam sejak dini yakni sejak mahasiswa. Pendidikan untuk menyiapkan seorang pemimimpin tidaklah murah, maka dari itu salah satu solusi untuk membantu hal tersebut yaitu dengan bantuan dari lembaga zakat. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan strategi studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah pengurus lembaga zakat yang bertugas pada program pendidikan khususnya program dan alumni Rumah Kepemimpinan (RK) yang berdomisili di kota Surabaya. Teknis pengumpulan data dilakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan zakat, infaq, dan shadaqah memiliki dampak pada bidang pendidikan dengan didirikannya program RK. RK tidak hanya mendidik peserta menjadi seorang calon pemimpin, namun juga menyiapkan para peserta menjadi generasi Qur’ani yang ditunjang dengan berbagai kegiatan yang berbasis kepemimpinan dan syariah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FEB EI 33/17 Nau p
Uncontrolled Keywords: ZIS, Pemberdayaan, Pendidikan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP174-190 The practice of Islam
L Education > L Education (General)
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsEmail
Teuku Ahmad Naufal, 041211432112UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKarjadi Mintaroem, H.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 27 Aug 2017 21:54
Last Modified: 27 Aug 2017 21:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60980
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item