ANALISIS PERAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) AMANAH UMMAH TERHADAP PEMBERDAYAAN USAHA PEDAGANG KECIL DI PASAR KARAH

PUSPA INDRASWARI, 041211433014 (2017) ANALISIS PERAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) AMANAH UMMAH TERHADAP PEMBERDAYAAN USAHA PEDAGANG KECIL DI PASAR KARAH. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FEB EI 35-17 Ind a.pdf
Restricted to Registered users only until 28 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Baitul Maal Wat Tamwil BMT Amanah Ummah terhadap pemberdayaan pedagang kecil. Metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara dan observasi langsung kepada obyek penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah Baitul Maal wat Tamwil telah berpern dalam meningkatkan usaha pedagang kecil yang ada di pasar karah. Peningkatan usaha dari pedagang kecil dilihat dari peningkatan omzet usaha, aset usaha, pendapatan usaha, dan stabilitas usaha. Anggota BMT yang ada di pasar Karah rata-rata meningkat usahanya dilihat dari volume usahanya, persedian usaha yang bertambah seperti peralatan yang digunakan untuk berdagang, omzet usaha setiap hari dan pendapatan usaha yang di dapat, selain itu rata-rata anggota BMT yang berdagang di pasar Karah mengalami kelancaran usaha dari waktu ke waktu dan rata-rata dari mereka dapat melakukan simpanan atau menabung di BMT dan membayar angsuran dengan lancar. Peran lain yang dilakukan BMT amanah Ummah selain memberdayakan usaha pedagang kecil ini adalah mampu mengurangi praktek-praktek rentenir, membangun jiwa tolong menolong diantara anggota dan masyarakat sekitar, serta melakukan syiar Islam secara praktis dalam berekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FEB EI 35/17 Ind a
Uncontrolled Keywords: Baitul Maal Wat Tamwil, Pemberdayaan, Peningkatan Usaha
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1301-1366 Business associations
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
PUSPA INDRASWARI, 041211433014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Qudsi Fauzi, Drs., MM.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 27 Aug 2017 22:04
Last Modified: 27 Aug 2017 22:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60982
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item