PENGARUH KADMIUM (Cd), SENG (Zn) DAN KOMBINASI Cd-Zn TERHADAP OSMOLALITAS DAN KADAR ION PADA SERUM DARAH IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

DEWI SHINTA, 081424153005 (2017) PENGARUH KADMIUM (Cd), SENG (Zn) DAN KOMBINASI Cd-Zn TERHADAP OSMOLALITAS DAN KADAR ION PADA SERUM DARAH IKAN NILA (Oreochromis niloticus). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS DEWI SHINTA 081424153005.pdf
Restricted to Registered users only until 28 August 2020.

Download (1MB)

Abstract

Salah satu bahan pencemar yang terdapat dalam perairan adalah logam yang beberapa diantaranya tergolong non esensial seperti kadmium (Cd) dan esensial seperti seng (Zn). Keberadaan logam berat dapat mengganggu mekanisme biokimia dan ionik atau respon adaptasi pada darah dan jaringan ikan sehingga penting dilakukan uji pengaruh toksisitas logam pada ikan salah satunya dengan menggunakan parameter darah. Biomarker yang digunakan pada penelitian ini adalah osmolalitas serum dan kadar ion pada serum darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh paparan Cd dan Zn baik secara tunggal maupun kombinasi terhadap osmolalitas dan kadar ion pada serum darah ikan nila, korelasi dan pengaruh antar kadar ion natrium, kalium, klorida, dan kalsium. Ikan nila dipelihara dengan media paparan yang tidak diberi logam (kontrol); Cd 2,5; Zn 7,5; Zn 15; Cd 2,5 + Zn 7,5 dan Cd 2,5 + Zn 15 mg/L selama 7 hari dan dilakukan sebanyak 3 kali pengulangan. Hasil menunjukkan bahwa pemberian Cd dan Zn baik secara tunggal maupun kombinasi menyebabkan peningkatan osmolalitas serum. Peningkatan osmolalitas serum setelah dipapar Cd diikuti dengan peningkatan kadar ion Na+ dan Cl- meskipun kadar ion K+ dan Ca2+ pada serum darah menurun. Sebaliknya, peningkatan osmolalitas setelah dipapar Zn tidak diikuti dengan peningkatan kadar ion Na+ dan Cl-. Paparan Cd menyebabkan peningkatan kadar ion Na+ dan Cl- dan penurunan kadar ion K+ dan Ca2+ dalam serum darah. Namun paparan kombinasi Cd-Zn tidak menyebabkan perubahan yang signifikan terhadap kadar ion Na+, K+, dan Cl- dalam serum darah. Hasil juga menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang bersifat negatif antara Na+ dengan K+ dan korelasi yang bersifat positif antara kadar ion Na+ dengan Cl-.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TB 01/17 Shi p
Uncontrolled Keywords: Kadmium, seng, toksisitas, Oreochromis niloticus, osmolalitas serum, serum ion
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DEWI SHINTA, 081424153005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorIgoes Sugianto, Prof.,Dr.,Ir.,DEAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2017 01:26
Last Modified: 28 Aug 2017 01:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61000
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item