ORGANOGENESIS EKSPLAN MAHKOTA BUAH NANAS (Ananas comosus (Linn.) Merr.) PADA MEDIA MURASHIGE AND SKOOG (MS) DENGAN PENAMBAHAN BERBAGAI KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH KINETIN DAN THIDIAZURON

FATMAWATY B., 081324153006 (2017) ORGANOGENESIS EKSPLAN MAHKOTA BUAH NANAS (Ananas comosus (Linn.) Merr.) PADA MEDIA MURASHIGE AND SKOOG (MS) DENGAN PENAMBAHAN BERBAGAI KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH KINETIN DAN THIDIAZURON. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Text (full text)
Tesis.compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 28 August 2020.

Download (908kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi kinetin dan thidiazuron serta kombinasi keduanya terhadap pertumbuhan dan pembentukan organ pada eksplan mahkota buah nanas Ananas comosus (Linn.) Merr. dalam media Murashige and Skoog padat. Konsentrasi kinetin yang digunakan adalah 2 mg/L, 4 mg/L, 6 mg/L, 8 mg/L dan konsentrasi thidiazuron 0.25 mg/L, 0.5 mg/L, 1 mg/L. Penelitian ini termasuk penelitian eksploratif laboratorium menggunakan rancangan acak lengkap. Eksplan mahkota buah nanas dikultur pada media MS padat yang telah ditambahkan dengan zat pengatur tumbuh (ZPT) kinetin dan thidiazuron. Hasil dari proses penanaman selama lebih kurang 8 minggu kemudian diamati pada masingmasing perlakuan. Pada perlakuan kinetin eksplan mengalami perubahan warna dan mengalami luka atau membelah pada bagian permukaan sisinya, namun tidak nampak pertumbuhan tunas maupun organ. Sedangkan pada perlakuan thidiazuron dengan konsentrasi 0.25 mg/L terlihat pembentukan bakal tunas berwarna hijau kekuningan, pada thidiazuron 0.5 mg/L bakal tunas berwarna putih kehijauan dan bulat bergerombol, perlakuan dengan thidiazuron 1 mg/L muncul bakal tunas berwarna kuning kecoklatan. Perlakuan kombinasi kinetin 2 mg/L ditambah thidiazuron 0.25 mg/L dan kombinasi kinetin 2 mg/L ditambah thidiazuron 1 mg/L menunjukkan perubahan warna pada eksplan, namun tidak nampak pertumbuhan organ. Sehingga disimpulkan, pada perlakuan berbagai konsentrasi kinetin dan kombinasi antara kinetin dan thidiazuron menunjukkan tidak ada pengaruh terhadap pertumbuhan dan pembentukan organ, sedangkan pada perlakuan dengan berbagai konsentrasi thidiazuron menunjukkan adanya pengaruh terhadap pertumbuhan dan pembentukan organ pada eksplan mahkota buah nanas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TB 05/17 Fat o
Uncontrolled Keywords: Ananas comosus, kinetin, organogenesis, thidiazuron, zat pengatur tumbuh.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
FATMAWATY B., 081324153006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEdy Setiti Wida Utami, Dr. , MS.,UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2017 02:16
Last Modified: 28 Aug 2017 02:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61005
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item