ANALISIS TINGKAT EFISIENSI PERUSAHAAN ASURANSI UMUM SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2013 - 2015 DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA)

YULIA WAHYU NINGSIH, 041311433044 (2017) ANALISIS TINGKAT EFISIENSI PERUSAHAAN ASURANSI UMUM SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2013 - 2015 DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FEB EI 50-17 Nin a.pdf
Restricted to Registered users only until 29 August 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efisiensi perusahaan asuransi umum syariah di Indonesia. Hal ini didasari atas semakin banyaknya perusahaan asuransi umum syariah di Indonesia yang menyebabkan persaingan dalam industri asuransi semakin ketat. Salah satu aspek untuk mengukur kemampuan bersaing pada setiap perusahaan adalah efisiensi. Adapun variabel input yang digunakan adalah total aset, beban, dan pembayaran klaim, sedangkan variabel output adalah pendapatan dan dana tabarru‟. Metode yang digunakan untuk mengukur tingkat efisiensi adalah Data Envelopment Analysis (DEA) dengan asumsi Variable Return to Scale (VRS) dengan orientasi input dan output. Pengukuran nilai efisiensi dengan asumsi VRS menghasilkan tiga nilai efisiensi yaitu Efisiensi Teknik (VRS), Efisiensi Ekonomi (CRS), dan Efisiensi Skala (Scale Efficiency). Kemudian dari ketiga nilai efisiensi tersebut, akan dianalisis lebih lanjut guna mengetahui sumber ketidakefisienan pada perusahaan asuransi umum syariah yang inefisien. Terakhir, akan ditetapkan branchmark dan target yang harus dicapai oleh perusahaan asuransi umum syariah agar mampu mencapai efisiensi. Sampel yang digunakan adalah 12 perusahaan asuransi umum syariah dengan periode pengamatan penelitian dari tahun 2013 hingga 2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil analisis DEA untuk seluruh DMU (Decision Making Unit) belum efisien, baik secara teknik, ekonomi, dan skala belum mencapai efisiensi. Nilai rata-rata efisiensi secara ekonomi (CRS) sebesar 0.978, secara teknik (VRS) sebesar 0.925, serta secara skala sebesar 0.945. Sumber ketidakefisienan perusahaan asuransi umum syariah adalah skala usaha dan manajemen pengelolaan input menjadi output yang belum optimal. Pada orientasi input, terdapat delapan perusahaan yang menjadi branchmark, sedangkan pada orientasi output terdapat sembilan perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FEB EI 50/17 Nin a
Uncontrolled Keywords: Efisiensi, Asuransi Umum Syariah, DEA
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8059 Business insurance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsEmail
YULIA WAHYU NINGSIH, 041311433044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNoven Suprayogi, S.E., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 28 Aug 2017 17:30
Last Modified: 28 Aug 2017 17:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61017
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item