ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN KARYAWAN TERHADAP TEKNOLOGI MESIN : IMPLEMENTASI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL 3 DI PT. TERMINAL TELUK LAMONG

MONANG KRIANTO HARIANDJA, 041414353004 (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN KARYAWAN TERHADAP TEKNOLOGI MESIN : IMPLEMENTASI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL 3 DI PT. TERMINAL TELUK LAMONG. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS - MONANG KRIANTO HARIANDJA - 041414353004.compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 29 August 2020.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi mengakibatkan perubahan yang sangat besar dalam segala bidang kehidupan masyarakat dan yang tidak dapat dihindari oleh seluruh aspek kehidupan masyarakat. Penerapan teknologi baru dalam suatu organisasi tidaklah mudah untuk dilakukan sebab penerapan teknologi baru akan berpengaruh pada keseluruhan organisasi terutama sumber daya manusia. Rendahnya adopsi dan pemanfaatan teknologi pada karyawan menjadi hambatan utama bagi organisasi untuk sukses dalam mengimplementasikan teknologi tersebut. Dengan mengidentifikasi intervensi yang dapat mempengaruhi adopsi dan penggunaan teknologi akan membantu pihak manajerial untuk mengambil keputusan dalam menentukan strategi pengimplementasian teknologi. Salah satu model penerimaan pengguna akhir terhadap teknologi adalah model penerimaan TAM (Technology Acceptance Model, 1989) oleh Davis. Venkatesh and Bala (2008) telah melakukan pengembangan dan pengujian teoritis pada TAM sehingga TAM telah menjalani perubahan hingga menjadi teori TAM 3. TAM dipilih karena di dalam metode ini terdapat analisis kasual yang dibangun melalui indikator-indikator yang nilainya diperoleh dari hasil isian jajak pendapat berdasarkan pengalaman interaksi pengguna dengan teknologi untuk membantu menyelesaikan pekerjaannya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap PT. Terminal Teluk Lamong. Objek dari penelitian ini adalah para operator mesin yang ada di PT. Terminal Teluk Lamong. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner secara langsung. Kuesioner yang disebar adalah sebanyak 106 kuesioner. Pengujian dilakukan dengan menggunakan teknik analisis SEM (Structural Equation Model) dan dilakukan dengan menggunakan perangkat AMOS versi 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived ease of use berpengaruh positif terhadap perceived usefulness, perceived ease of use berpengaruh positif terhadap behavioural intention, perceived usefulness berpengaruh positif terhadap behavioural intention dan behavioural intention berpengaruh positif terhadap use behavior.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM 08/17 Har a
Uncontrolled Keywords: Technology Acceptance Model (TAM), perceived usefulness, perceived ease of use, behavioral intention, use behavior.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
MONANG KRIANTO HARIANDJA, 041414353004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRiyanarto Sarno, Prof. Ir. , SE., MSc., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2017 18:31
Last Modified: 28 Aug 2017 18:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61036
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item