ANALISIS DAN FORMULASI STRATEGI PEMASARAN PT.AGRI MAKMUR PERTIWI DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR BENIH JAGUNG DI JAWA TIMUR

PRIYATNA SUNGKONO, 041324353028 (2017) ANALISIS DAN FORMULASI STRATEGI PEMASARAN PT.AGRI MAKMUR PERTIWI DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR BENIH JAGUNG DI JAWA TIMUR. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS-PRIYATNA SUNGKONO-041324353028.compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 29 August 2020.

Download (2MB)

Abstract

Hampir 90% pasar benih jagung di Indonesia dikuasai oleh perusahaan asing. Meningkatnya produksi jagung dari tahun ke tahun turut meningkatkan permintaan atas benih jagung. Di antara semua wilayah di Indonesia, Jawa Timur merupakan wilayah dengan produksi jagung terbesar sehingga potensi pasar di wilayah tersebut cukup menjanjikan bagi perusahaan benih di Indonesia. PT. Agri Makmur Pertiwi (PT. AMP) sebagai perusahaan benih asli nasional turut hadir menjadi penyeimbang dalam industri benih jagung nasional. Namun, PT. AMP merupakan perusahaan yang relatif masih muda dibandingkan dengan perusahaan lainnya yang sudah beroperasi lebih dari 10 tahun sehingga secara baik kapasitas maupun sumber daya belum sebanding dengan perusahaan lainnya. Adapun penjualan benih jagung Pertiwi di area Jawa Timur pada tahun 2015 sempat mengalami penurunan dikarenakan faktor cuaca yang tidak menentu dan persaingan yang ketat dari kompetitor. Oleh sebab itu, diperlukan suatu strategi pemasaran yang tepat bagi PT. AMP untuk pertama, peningkatan penjualan di tahun 2016 dan kedua, bertahan di persaingan pasar benih jagung di Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Proses pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara dan diskusi kelompok terarah (FGD). Wilayah di Jawa Timur yang diteliti meliputi Malang, Probolinggo, Jember, Pasuruan, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk dan Kediri. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan desain purposive sampling untuk diskusi dengan para petani, diskusi dengan tim pemasaran Jawa Timur yang terdiri dari seorang kepala regional, 5 marketing executive dan seorang market development serta wawancara dengan direktur Pertiwi. Petani yang diteliti adalah petani yang menanam benih jagung. Dengan dibantu oleh pihak perusahaan, para petani tersebut dikumpulkan menjadi 1 kelompok yang terdiri dari rata-rata 10 sampai 15 orang petani per wilayah. Jumlah petani per kelompok di satu wilayah berbeda dengan wilayah lainnya. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk melihat SWOT perusahaan dan STP analysis untuk melihat segmentasi, target dan posisi produk benih jagung Pertiwi. Dari hasil penelitian tersebut ditemukan bahwa produk benih jagung Pertiwi disukai para petani karena produknya tidak kalah kualitasnya dengan produk milik kompetitor. Kualitas yang paling diutamakan oleh petani adalah ketahanan bulai yang di mana produk Pertiwi memiliki kualitas tersebut. PT. AMP juga memiliki 3 kemungkinan strategi yang bisa digunakan dari 5 strategi yang ada di pasar yang sedang berkembang. Namun, sumber daya yang masih terbatas menjadi salah satu kendala perusahaan dalam bersaingan dengan perusahaan lain. Kemungkinan strategi yang dapat digunakan oleh PT. AMP adalah strategi serangan dari samping atau flank attack yang di mana strategi ini memfokuskan kekuatan pada salah satu segmen yang di mana kompetitor tidak memiliki posisi kuat di sana.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM 13/17 Sun a
Uncontrolled Keywords: persaingan, benih jagung, strategi pemasaran, flank attack
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
PRIYATNA SUNGKONO, 041324353028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorgENCAR CANDRA PERMANANTO, Dr.,SE.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2017 21:28
Last Modified: 28 Aug 2017 21:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61045
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item