PEMETAAN PERSEPTUAL DAN PREFERENSI PADA ECOMMERCE DI INDONESIA SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI ECOMMERCE HENMATE

EMA HARI ERVITA SARI, 041424353018-MM (2017) PEMETAAN PERSEPTUAL DAN PREFERENSI PADA ECOMMERCE DI INDONESIA SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI ECOMMERCE HENMATE. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS.compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 29 August 2020.

Download (1MB)

Abstract

Ketatnya persaingan di industri ritel mendasari Henmate untuk melakukan perluasan lini distribusi ke arah online. Pada 2015, Henmate telah memiliki official web site dan melakukan kerja sama dengan beberapa ecommerce lain. Namun kinerja Henmate baik di official web site maupun rekanan ecommerce tidak berjalan dengan baik. Oleh karena itu perlu dilakukan suatu perumusan strategi ecommerce untuk memperbaiki bisnis ecommerce milik Henmate. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitaf deskriptif. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dan pengumpulan data menggunakan kuisioner. Alat analisis data yang digunakan adalah program PREFMAP. PREFMAP adalah salah satu jenis analisis eksternal untuk data preferensi yang ada dalam Multidimensional Scaling (MDS) yang dapat memunculkan ideal point konsumen. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa ideal point menempati posisi yang dekat dengan Berrybenka dan Sales Stock Indonesia. Kedua ecommerce tersebut memiliki karakteristik yang dekat dengan dimensi atribut trustwortiness, settlement performance, merchandise, dan store style. Sehingga dalam perbaikan web site Henmate, diharapkan berfokus pada keempat dimensi atribut tersebut. Disisi lain, demi mempercepat peningkatan performa bisnis ecommerce Henmate, kerja sama dengan ecommerce besar memang diperlukan. Disarankan, kerja sama dapat dilakukan dengan Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Zalora, Berrybenka, dan Sales Stock Indonesia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM 14/17 Sar p
Uncontrolled Keywords: perceptual mapping, strategi, ecommerce, preference, atribut, PREFMAP, ideal point.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
EMA HARI ERVITA SARI, 041424353018-MMUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTanti Handriana, Dr.,SE.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2017 21:40
Last Modified: 28 Aug 2017 21:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61046
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item