KAJIAN PEMILIHAN PEMENANG TENDER KONSTRUKSI TANGKI TIMBUN DENGAN PENDEKATAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA MARKETING OPERATION REGION VII PT. PERTAMINA (PERSERO)

REZKY RIO ANDHIKA, 041424353019 (2017) KAJIAN PEMILIHAN PEMENANG TENDER KONSTRUKSI TANGKI TIMBUN DENGAN PENDEKATAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA MARKETING OPERATION REGION VII PT. PERTAMINA (PERSERO). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only until 29 August 2020.

Download (327kB)
[img]
Preview
Text
TESIS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Evaluasi pada pemilihan kontraktor pemenang tender memerlukan penilaian terhadap proses sebagai unsur terpenting. Hal tersebut terjadi karena banyak kriteria yang menjadi bahan pertimbangan bagi pengguna jasa kontraktor. Salah satu pengguna jasa kontraktor di Indonesia adalah Technical Services Region VII Pertamina yang bertanggung jawab terhadap setiap pelaksanaan proyek investasi yang berada di Sulawesi. Akan tetapi permasalahan yang kerapkali muncul adalah kegagalan konstruksi dan pekerjaan yang berlangsung bertahun-tahun jauh melampaui batas waktu pekerjaan konstruksi. Fase konstruksi adalah implikasi langsung dari proses seleksi kontraktor yang dilakukan. Fase konstruksi yang buruk tentu tidak terlepas dari proses tender yang belum berjalan maksimal. Pada akhirnya output proses tender berupa pemenang tender yang tidak mumpuni, tidak akan mampu bekerja sesuai dengan standar yang diharapkan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi untuk mengetahui performa yang dimiliki setiap kontraktor pembangunan tangki timbun dengan kualifikasi besar serta faktor apa yang paling berpengaruh terhadap penentuan performa kontraktor tersebut. Desain penelitan ini adalah deskriptif, dengan metode studi kasus. Pendekatan yang dilakukan adalah penelitian campuran (mix methodology) yang menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuisioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) dilanjutkan dengan melakukan sensitivity analysis untuk menentukan kriteria yang paling berperan dalam pengambilan keputusan pemenang tender konstruksi tangki timbun.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM 24/17 And k
Uncontrolled Keywords: Tender, Analytical Hierarchy Process (AHP), Sensitivity Analysis, indeks performansi kontraktor
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
REZKY RIO ANDHIKA, 041424353019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIndrianawati Usman, Dr. SE., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2017 22:57
Last Modified: 28 Aug 2017 22:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61058
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item