PENENTUAN STATUS GIZI BALITA BERDASARKAN RANCANGAN GRAFIK STANDAR PERTUMBUHAN TINGGI BADAN DAN IMT BALITA DI SURABAYA DENGAN PENDEKATAN REGRESI NONPARAMETRIK LOKAL LINIER BIRESPON

DEBORA TYAS ANINDITA, 081311833050 (2017) PENENTUAN STATUS GIZI BALITA BERDASARKAN RANCANGAN GRAFIK STANDAR PERTUMBUHAN TINGGI BADAN DAN IMT BALITA DI SURABAYA DENGAN PENDEKATAN REGRESI NONPARAMETRIK LOKAL LINIER BIRESPON. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK ST.S. 07 -17 Ani p-Abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK ST.S. 07 -17 Ani p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada masa pertumbuhan balita, pemantauan status gizi dapat dilakukan dengan bantuan alat kontrol guna mengetahui baik atau tidaknya pertumbuhan balita. Pemantauan tersebut dilakukan dengan mengamati grafik pertumbuhan balita. Indonesia saat ini menggunakan KMS sebagai alat untuk memantau dan mengevaluasi kondisi kesehatan balita berdasarkan standart WHO-GS. Akan tetapi, penggunaan standar baku negara lain kemungkinan akan menimbulkan ketidaksesuaian dengan pertumbuhan balita di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk merancang grafik standar pertumbuhan tinggi badan dan indeks massa tubuh (IMT) balita menurut usia berdasarkan kondisi balita laki-laki dan perempuan di Surabaya. Perancangan grafik standar pertumbuhan balita dapat dibuat dengan pemodelan regresi sebab pola pertumbuhan balita yang cenderung berubah disetiap tahap usia, sehingga akan lebih tepat dimodelkan dengan pendekatan secara lokal. Pemodelan menggunakan pendekatan regresi nonparametrik birespon sebab lebih fleksibel dan terdapat korelasi yang signifikan antar variabel responnya. Regresi nonparametrik adalah pendekatan regresi yang tidak diketahui bentuk kurva regresi dan tidak memberikan asumsi tertentu bentuk kurva. Teknik smoothing yang digunakan adalah dengan estimator lokal linier. Perancangan dilakukan dengan bantuan OSS-R dan diperoleh nilai R-Square sebesar 99,66% pada kedua jenis kelamin, sedangkan perbandingan dengan grafik standar WHO-GS menunjukkan bahwa rata-rata pertumbuhan tinggi badan dan IMT balita di Surabaya lebih rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.S 07-17 Ani p
Uncontrolled Keywords: Children under Five, Standard Growth Chart, Height, Body Mass Index, Biresponse Local Linear
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA1-939 Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA184-205 Linear and Multilinear Algebra, Matrices
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Statistika
Creators:
CreatorsNIM
DEBORA TYAS ANINDITA, 081311833050UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Chamidah, Dr., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorArdi Kurniawan, Dr., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 28 Aug 2017 22:50
Last Modified: 28 Aug 2017 22:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61059
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item