MALANG CITY TOUR (Studi Deskriptif Tentang Pertimbangan Dalam Penetapan Rute Wisata Malang City Tour oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang)

ANDIKA DWI RACHMAWAN, 071310213038 (2016) MALANG CITY TOUR (Studi Deskriptif Tentang Pertimbangan Dalam Penetapan Rute Wisata Malang City Tour oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (72kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FV PW 34-17 Rac m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pariwisata selalu menawarkan kegiatan wisata yang menarik dan pengalaman baru bagi para wisatawan. Kota Malang merupakan salah satu kota tujuan favorit para wisatawan, baik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Selain terkenal karena memiliki hawa yang sejuk, Kota Malang juga memiliki beberapa obyek wisata menarik serta sarana dan prasarana yang mumpuni untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan. Hal ini kemudian mendorong Pemerintah Kota Malang dan pihak swasta, yaitu PT. Nikko Steel, bekerja sama melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) membuat suatu produk wisata yaitu Malang City Tour (Macito) sejak awal bulan Januari tahun 2015. Hanya saja dalam pelaksanaannya, beberapa potensi wisata lain belum tersentuh oleh Malang City Tour, padahal potensi wisata tersebut juga bisa dikembangkan dalam kegiatan city tour Macito. Hal inilah yang kemudian mendasari peneliti untuk melakukan penelitian dengan mengambil judul pertimbangan dalam penetapan rute wisata Malang City Tour oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja yang dipertimbangkan oleh pihak Dinas dan Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang dalam penetapan rute wisata Malang City Tour. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi yang digunakan yaitu kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang dan bus Malang City Tour. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi terhadap bus Malang City Tour, wawancara kepada pihak Bidang Penyusunan Program dan wisatawan yang sedang naik bus Malang City Tour yang didukung dengan beberapa dokumen untuk melengkapi data yang ada. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pertimbangan dalam penetapan rute wisata Malang City Tour yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang meliputi obyek wisata, waktu, kenyamanan, dan pelayanan. Obyek wisata yang ditawarkan adalah obyek wisata sejarah, kemudian waktu tempuh untuk sekali city tour adalah satu jam. Untuk kenyamanan meliputi fasilitas bus Macito, fasilitas jalan dan fasilitas pendukung. Terakhir, pelayanan terkait dengan pelayanan pada loket karcis dan tour guide. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi dan masukan yang positif bagi Malang City Tour untuk kedepannya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK FV PW 34/17 Rac m
Uncontrolled Keywords: Pertimbangan, Rute, Malang City Tour
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANDIKA DWI RACHMAWAN, 071310213038UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEdwin Fiatiano, S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 28 Aug 2017 23:59
Last Modified: 28 Aug 2017 23:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61068
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item