UPAYA PENGEMBANGAN WISATA OLEH DINAS PARIWISATA KOTA SURABAYA “Studi Deskriptif Tentang Upaya Pengembangan Wisata Taman Rekreasi Kenjeran Kota Surabaya”

IRFATUL FADILLAH RAGIL S., 071310213030 (2017) UPAYA PENGEMBANGAN WISATA OLEH DINAS PARIWISATA KOTA SURABAYA “Studi Deskriptif Tentang Upaya Pengembangan Wisata Taman Rekreasi Kenjeran Kota Surabaya”. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FV PW 35-17 Irf u.pdf
Restricted to Registered users only until 29 August 2020.

Download (773kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh pihak pengelola Taman Rekreasi Kenjeran Kota Surabaya yaitu Dinas Pariwisata kota Surabaya dalam usaha mengembangkan fasilitas yang ada di Taman Rekreasi tersebut dengan tujuan meningkatkan pengunjung yang datang ke Taman Rekreasi yang berasal kota Surabaya maupun luar Surabaya untuk mengunjungi taman tersebut dan kendala – kendala yang dihadapi Dinas Pariwisata kota Surabaya dalam upaya untuk mengembangkan dan meningkatkan pengunjung. Penelitian ini bersifat diskriptif yaitu data yang dikumpulkan berupa kata – kata, gambar, wawancara, observasi dan bukan angka, dengan demikian laporan penelitian ini berisi kutipan – kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan tersebut. Data wawancara didapat melalui informan yang sengaja dipilih untuk memberikan keterangan atau penjelasan mengenai mengembangan taman yang ada di Taman Rekreasi, wawancara dilakukan baik dengan pihak pengelola maupun pihak pengunjung Taman Rekreasi, catatan lapangan yang didapat pada saat observasi di Taman tersebut. Adapun analisa data kualitatif yaitu dengan cara menyimpulkan hasil observasi, survey dan wawancara dari data – data yang didapat dari pihak pengelola dan pengunjung Taman Rekreasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengembangan taman yang dilakukan oleh pihak Dinas Pariwisata kota Surabaya sangat mempengaruhi tingkat kunjungan dari wisatawan. Saat ini pengembangan fasilitas yang telah dilakukan oleh pihak pengelola adalah membangun loket masuk, menata tanaman di taman, membangun mushola, memperbanyak tong – tong sampah dengan tujuan agar menjaga kebersihan selalu terjaga. Kendala yang dihadapi adalah pihak pengelola tidak dapat langsung merealisikan pembangunannya karena harus mengajukan proposal ke dewan kota yang berhak menyetujui semua atau sebagian rencana dari pembangunan fasilitas, oleh karena itu dalam pengembangannya Dinas Pariwisata kota Surabaya melakukan secara bertahap.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK FV PW 35/17 Irf u
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Taman Rekreasi, Pengembangan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA604-618 Parks, public baths, public carriers, buildings, etc.
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsEmail
IRFATUL FADILLAH RAGIL S., 071310213030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNovianto Edi, S.SST., Par., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 29 Aug 2017 19:00
Last Modified: 29 Aug 2017 19:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61081
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item