PELESTARIAN BUDAYA LOKAL SEBAGAI ATRAKSI WISATA (Studi Deskriptif Mengenai Partisipasi Masyarakat Dalam Upaya Pelestarian Tradisi Nyadran Sebagai Atraksi Wisata Di Kabupaten Sidoarjo)

PUTRI AMBEG ISNANI, 151411413035 (2017) PELESTARIAN BUDAYA LOKAL SEBAGAI ATRAKSI WISATA (Studi Deskriptif Mengenai Partisipasi Masyarakat Dalam Upaya Pelestarian Tradisi Nyadran Sebagai Atraksi Wisata Di Kabupaten Sidoarjo). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FV PW 36-17 Isn p.pdf
Restricted to Registered users only until 29 August 2020.

Download (894kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tradisi Nyadran merupakan budaya lokal yang perlu dilestarikan, dalam pelestariannya membutuhkan partisipasi masyarakat. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui upaya yang dilakukan masyarakat Desa Balongdowo dalam melestarikan Budaya Lokal Tradisi Nyadran dan partisipasi masyarakat dalam melestarikannya. Penelitian ini menggunakan studi penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitatif dengan sumber data primer yaitu wawancara dengan 4 informan yaitu Kepala Desa Balongdowo, Ketua Paguyupan Nelayan dan masyarakat. Sumber data sekunder diperoleh dari dokumentasi, internet, dan laporan hasil penelitian terkait. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PELESTARIAN BUDAYA LOKAL SEBAGAI ATRAKSI WISATA (Studi Deskriptif Mengenai Partisipasi Masyarakat Dalam Upaya Pelestarian Tradisi Nyadran Sebagai Atraksi Wisata Di Kabupaten Sidoarjo) antara lain partisipasi uang dalam bentuk bantuan dari pemerintah dan iuran dari masyarakat di setiap RT, partisipasi harta benda yang dilakukan masyarakat yaitu tumpeng dan sesaji, partisipasi tenaga masyarakat dari pra-pelaksanaan sampai selesai, partispasi keterampilan dengan menampilkan Pameran dan bazaar makanan produk olahan kupang, kesenian musik dan kesenian keagamaan. Upaya pelestarian di antaranya dengan melaksanakan upacara setiap tahun yang dimaksudkan untuk melestarikan, melaksanakan upacara setiap minggu terakhir bulan Ruwah sebelum bulan puasa, tidak merubah tata cara pelaksanaan, selalu memberitahukan sejarah Tradisi Nyadran pada setiap pelaksanaan, dan menjalin kerjasama dengan semua pihak.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK FV PW 36/17 Isn p
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat, pelestarian, Tradisi Nyadran
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsEmail
PUTRI AMBEG ISNANI, 151411413035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAndy Umardiono, S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 29 Aug 2017 19:09
Last Modified: 29 Aug 2017 19:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61084
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item