EVENT SEBAGAI MEDIA PROMOSI OBJEK WISATA (Studi Deskriptif Event Festival Bulan Purnama sebagai media promosi obyek wisata Pantai Ria Kenjeran (KENPARK) Surabaya)

Moh. Novan Rozaq Trijatmoko, 071310213027 (2016) EVENT SEBAGAI MEDIA PROMOSI OBJEK WISATA (Studi Deskriptif Event Festival Bulan Purnama sebagai media promosi obyek wisata Pantai Ria Kenjeran (KENPARK) Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FV PW 39-17 Tri e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Surabaya merupakan salah satu kota dalam pulau jawa yang memiliki berbagai keindahan dalam segi kepariwisataan mulai dari daya potensi wisata hingga berbagai Event dan Festival, seperti festival parade bunga, Parade Surabaya juang, seperti salah satu festival kebudayaan yaitu festival Bulan Purnama yang diselenggarakan masyarakat Tiong Hoa untuk menikmati Bulan Purnama, berbagai rangkaian acara yang diselenggarakan di Pantai Ria Kenjeran (Kenpark) Surabaya juga menjadi salah satu media mempromosikan Obyek wisata tersebut, dengan diselenggarakannya setiap tahun pengelola Pantai Ria Kenjeran (Kenpark) Surabaya yaitu PT. Glanting Jaya menjadikan Festival ini sebegai salah satu upaya untuk mempromosikan Obyek wisata tersebut. Permasalahan yang ingin peneliti bahas adalah bagaimana penyelenggaraan Festival Bulan Purnama yang diselenggarakan di Obyek wisata Pantai Ria Kenjeran (Kenpark) Surabaya, apa saja kendala dalam menyelenggarakannya, serta bagaimana Festival tersebut dapat menjadi media promosi suatu obyek wisata seperti yang diselenggarakan di obyek wisata Obyek Wisata Pantai Ria Kenjeran Surabaya. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang dianggap akan lebih mudah ketika dihadapkan dengan kejadian nyata di lapangan. Dengan menggunakan peneltian deskriptif peneliti mendeskripsikan kejadian nyata dilapangan selama melakukan penelitian. Peneliti menjelaskan Festival Bulan Purnama dalam mempromosikan obyek wisata pantai Ria Kenjeran dengan berbagai data-data yang di dapatkan dilapangan seperti beberapa dokumen foto dokumen wawancara degan beberapa pihak terkait, sehingga peneliti berharap dapat mengetahui event Festival Bulan Purnama dapat menjadi media promosi obyek wisata Pantai Ria Kenjeran (Kenpark) Suarabaya. Hasil penelitian dari peneliti menunjukan bahwa festival Bulan Purnama yang diselenggarakan dapat menjadi media promosi obyek wisata pantai Ria Kenjeran (Kenpark) Surabaya, dengan menjadikan salah satu spot wisata di kawasan pantai Ria Kenjeran (Kenpark) Surabaya sebagai wisata religi masyarakat Tiong Hoa yaitu Patung budaha 4 wajah dan Patung Dewi Kwan In serta dapat menjadi spot wisata yang baik untuk mengabadikan foto dengan patung Budha 4 wajah dan patung Dewi Kwan In terbesar se-Asia Tenggara. Penelitian ini juga menjunjukan bahwa festival Bulan Purnama merupakan salah satu produk yang dimiliki obyek wisata pantai Ria Kenjeran (Kenpark) Surabaya yang dapat dirasakan para pengunjung yang datang untuk menikmatinya setiap tahun dalam penyelenggaraan Festival Bulan Purnama sebagai pengalaman yang baru dalam mengenal dan menikmati budaya masyarakat Tiong Hoa.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK FV PW 39/17 Tri e
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Event, Budaya, Promosi, Pantai Ria Kenjeran (Kenpark) Surabaya
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsEmail
Moh. Novan Rozaq Trijatmoko, 071310213027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Endah Nurhidayati, Dr., S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 29 Aug 2017 19:26
Last Modified: 29 Aug 2017 19:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61089
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item