DISASTER MANAGEMENT TOURISM (Studi Deskriptif Pencegahan dan Penanggulangan Bencana di Destinasi Wisata Gunung Kelud Kab.Kediri)

KHOIRUL UMAM ASSIDDIQIN, 071310213059 (2016) DISASTER MANAGEMENT TOURISM (Studi Deskriptif Pencegahan dan Penanggulangan Bencana di Destinasi Wisata Gunung Kelud Kab.Kediri). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FV PW 41-17 Ass d.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang rawan bencana dengan menduduki peringkat 4, berada pada dilingkaran cincin api (Ring of Fire) menjadikan indonesia sebagai negara rawan bencana. Erupsi Gunung Kelud memberikan pengaruh negatif bagi industri pariwisata sebab kerusakan yang ditimbulkan oleh letusan Gunung Kelud mampu menghentikan perputaran ekonomi, dampak yang ditimbulkan oleh erupsi Gunung Kelud mencapai daerah Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanganan bencana alam di wilayah destinasi wisata serta seberapa besar pengetahuan masyarakat serta wisatawan dalam menghadapi bencana yang akan terjadi. Dalam menangani bencana terdapat komponen penting yang harus dilakukan yaitu Pra bencana & Pasca bencana. Prabencana dilakukan sebagai tindakan secara langsung yang dilakukan ketika terjadi erupsi Gunung Kelud. Kegiatan prabencana meliputi Mitigasi, Kesiapsiagaan, dan Respond. Sedangkan Pasca bencana dilakukan untuk memperbaiki kembali daerah yang terkena dampak bencan dengan tujuan untuk mengembalikan daerah atau desa yang rusak akibat dampak yang ditimbulkan letusan Gunug Kelud agar dapat kembali seperti semula (Ekonomi,Kegiatan,Hukum,dll). Pasca bencana dibagi menjadi 2 yaitu Rehabilitasi yang bertujuan untuk menghidupkan kembali perkonomian serta perbaikan lingkungan dan pemulihan. Rekrontruksi bertujuan untuk mengembalikan semua seperti sebelum terjadi bencana, parbaikan rekrontruksi untuk pembangunan infrastruktur sedangkan rehabilitasi berfokus pada lingkungan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK FV PW 41/17 Ass d
Uncontrolled Keywords: Disaster, Disaster Management Tourism, Bencana, Erupsi Kelud, Gunung Kelud, Tourism, Bencana di destinasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV551.2-639 Emergency management > HV553-639 Relief in case of disasters > HV599-639 Special types of disasters
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
KHOIRUL UMAM ASSIDDIQIN, 071310213059UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Endah Nurhidayati, S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 29 Aug 2017 19:40
Last Modified: 29 Aug 2017 19:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61093
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item