OPTIMALISASI PERAN DINAS KEBUDAYAAN PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SUMENEP DALAM MENJAGA KEBERLANGSUNGAN OBYEK WISATA PULAU GILI LABAK

ROBY REZA MIRZAQY, 071310213004 (2016) OPTIMALISASI PERAN DINAS KEBUDAYAAN PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SUMENEP DALAM MENJAGA KEBERLANGSUNGAN OBYEK WISATA PULAU GILI LABAK. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FV PW 42-17 Mir o.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana optimalisasi peran Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep dalam menjaga keberlangsungan Obyek Wisata Pulau Gili Labak. Obyek Wisata Pulau Gili Labak merupakan salah satu obyek wisata alam yang dimiliki Kabupaten Sumenep. Obyek wisata ini akhir-akhir ini dapat perhatian khusus dari pasar wisata domestik maupun mancanegara karena obyek wisata ini mempunyai daya tarik tersendiri dari keindahan bawah lautnya. Obyek Wisata Pulau Gili Labak mempunyai potensi mendatangkan wisatawan domestik maupun mancanegara yang cukup baik, karena dari itu butuh keseriusan penanganan dari Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep dalam menjaga keberlangsungan Obyek Wisata Pulau Gili Labak. Tipe penelitian ini, kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang dapat memberikan gambaran sejelas mungkin mengenai suatu keadaan tertentu untuk menentukan frekuensi adanya hubungan tertentu antara gejala dalam masyarakat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan menggunakan bahan dokumen. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini yaitu memilih informan yang benar-benar terlibat pada keadaan yang diteliti guna menunjang wawancara. Penulis memilih beberapa informan diantaranya Kepala, Kasi Informasi dan Promosi, Kasi Kerjasama dan Pengembangan Wisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep, Tour Organizer “Aatira Adventure”, Pemilik perahu atau operator perahu wisata dan Pemilik warung di Obyek Wisata maupun di Pelabuhan Kalianget Sumenep. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep melakukan beberapa upaya untuk mengoptimalkan peran serta dan partisipasi masyarakat sekitar Obyek Wisata Pulau Gili Labak diantaranya adalah pendataan masyrakat sekitar yang terlibat dalam keberlangsungan Obyek Wisata Pulau Gili Labak, Sosiliasi mengenai partisipasi masyarakat sekitar terhadap keberlangsungan Obyek Wisata Pulau Gili Labak, Pendataan mengenai partisipasi masyarakat sekitar yang membangun fasilitas fisik di Obyek Wisata Pulau Gili Labak, Pembentukan kelompok sadar wisata. Dalam upaya Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep ini terkesan tidak optimal dikarenakan terbatasnya anggaran dana untuk pengembangan obyek wisata alam ini. Kendala lain adalah Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep tidak dapat bekerja sendiri dalam pengembangan Obyek Wisata Pulau Gili Labak, masih dibutuhkan uluran tangan dari beberapa SKPD yang terkait dengan pengembangan Obyek Wisata Pulau Gili Labak. Namun, pihak Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep optimis di tahun 2017 akan ada upaya yang lebih optimal lagi dari Pemerintah untuk mengembangkan Obyek Wisata Pulau Gili Labak.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK FV PW 42/17 Mir o
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi Peran, Objek Wisata
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
ROBY REZA MIRZAQY, 071310213004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Emma Suriani, S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 29 Aug 2017 19:47
Last Modified: 29 Aug 2017 19:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61094
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item