ANALISIS LUARAN MATERNAL DAN NEONATAL PADA PERSALINAN PRETERM PERABDOMINAM YANG DILAKUKAN PEMOTONGAN TALI PUSAT METODE UMBILICAL CORD MILKING DIBANDINGKAN DENGAN EARLY CORD CLAMPING

Herlangga Pramaditya (2017) ANALISIS LUARAN MATERNAL DAN NEONATAL PADA PERSALINAN PRETERM PERABDOMINAM YANG DILAKUKAN PEMOTONGAN TALI PUSAT METODE UMBILICAL CORD MILKING DIBANDINGKAN DENGAN EARLY CORD CLAMPING. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (895kB) | Preview
[img] Text (full text)
Herlangga Pramaditya, dr..pdf
Restricted to Registered users only until 30 August 2020.

Download (2MB)

Abstract

Prematuritas dan anemia of prematurity merupakan penyebab tersering dari morbiditas dan mortalitas neonatal. Waktu pemotongan tali pusat setelah bayi lahir menjadi penentu jumlah darah yang ditransfer dari plasenta ke janin, Delayed Cord Clamping (DCC) dapat mencegah anemia pada bayi namun terkendala kekhawatiran terkait tertundanya resusitasi bayi. Umbilical Cord Milking (UCM) dapat menjadi alternatif untuk Delayed Cord Clamping karena transfer darah dari plasenta ke janin dilakukan secara aktif. Tujuan : Menganalisis perbedaan luaran maternal dan neonatal pada kehamilan preterm yang dilakukan persalinan perabdominam dengan pemotongan tali pusat metode Umbilical Cord Milking dibandingkan dengan metode Early Cord Clamping. Metode : Penelitian bersifat eksperimental dengan rancang penelitian menggunakan Randomized Post Test Only Control. Dilakukan analisa luaran maternal dan neonatal, nilai P signifikan (P <0,05) Hasil Penelitian : Rata-rata hemoglobin ibu pre dan post operasi kelompok UCM dibandingkan ECC dengan menggunakan Paired Samples t-test (α two tailed 0,05) didapatkan nilai delta sebesar (0,2 + 0,7 vs 0,1 + 0,6.) dengan (P=0,395 vs 0,627). Rata-rata lama kala III pada ibu kelompok UCM dibandingkan ECC (20,5 + 3,5 detik vs 21,1 + 3,3 detik) dengan (P=0,634) dan tidak ada insiden perdarahan pasca persalinan yang terjadi. Rata-rata hemoglobin, hematokrit, dan eritrosit bayi lahir kelompok UCM dibandingkan ECC adalah (19,3 + 0,7 vs 15,9 + 0,8 g/dL), (57,1 + 3,6 % vs 47,2 + 2,8 %), dan (5,4 + 0,4 g/dL vs 4,5 + 0,3 g/dL) dengan (P<0,0001). Tidak didapatkan bayi pada kelompok UCM yang menerima tranfusi darah dan didapatkan 1 bayi pada kelompok kontrol (ECC) yang menerima tranfusi darah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.OBG 06/17 Pra a
Uncontrolled Keywords: Umbilical Cord Milking, luaran maternal dan neonatal.
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Kebidanan dan Kandungan
Creators:
CreatorsNIM
Herlangga PramadityaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBoediono, dr., MesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 29 Aug 2017 23:54
Last Modified: 29 Aug 2017 23:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61128
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item