PENGARUH SUPLEMENTASI GLUTAMIN DAN LATIHAN FISIK INTENSITAS SUBMAKSIMAL TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH OSTEOBLAS MELALUI KADAR SERUM ALKALINE PHOSPHATASE (ALP) RATTUS NORVEGICUS

ALFI SYAHRIN, NIM011414153017 (2017) PENGARUH SUPLEMENTASI GLUTAMIN DAN LATIHAN FISIK INTENSITAS SUBMAKSIMAL TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH OSTEOBLAS MELALUI KADAR SERUM ALKALINE PHOSPHATASE (ALP) RATTUS NORVEGICUS. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Other (full text)
TESIS ALFI SYAHRIN 2016.PDF
Restricted to Registered users only until 30 August 2020.

Download (2MB)

Abstract

Glutamin dianggap sebagai asam amino nonesensial, tetapi mungkin menjadi kondisional yang penting pada pasien dengan kondisi katabolik. Selama berabad-abad, para peneliti telah mencari cara untuk mempromosikan dan mempercepat penyembuhan patah tulang. Suplementasi glutamin telah lama dikenal memiliki efek positif pada proses mineralisasi tulang. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh dari glutamin dan latihan fisik pada kadar serum alkaline phosphatase (ALP) dan jumlah osteoblas. Metode: Penelitian dilakukan selama 21 hari setelah aklimatisasi, menggunakan rattus norvegicus jantan usia 3 bulan dan dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 7 tikus (n), K1 diberi plasebo, K2 diberi glutamin 0,4 mL/kgBB, K3 diperlakukan latihan fisik intensitas submaksimal (tiga kali seminggu) dan K4 diberi kombinasi glutamin dan latihan intensitas submaksimal. Serum darah diukur dengan metode uji kolorimetri ELISA dan jumlah osteoblas dihitung melalui pengamatan mikroskopis setelah prosedur pewarnaan HE. Hasil: Hasil analisis data menunjukkan bahwa jumlah osteoblas dan kadar ALP meningkat secara signifikan (p <0,01) setelah diberikan suplementasi glutamin, setelah latihan dan juga memberikan glutamin yang disertai latihan. Kesimpulan: Hasil ini menunjukkan bahwa suplementasi glutamin dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah osteoblas dengan alkalin fosfatase sebagai penanda pembentukan tulang.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKD 02/17 Sya p
Uncontrolled Keywords: Glutamin, osteoblas, Alkaline phosphatase, latihan submaksimal
Subjects: R Medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
ALFI SYAHRIN, NIM011414153017NIM011414153017
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGadis Meinar Sari, Dr. , dr., M.Kes., AIFOUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 30 Aug 2017 02:24
Last Modified: 30 Aug 2017 02:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61133
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item